Indonesia-Korea Jalin Kerja Sama Sektor Energi


Kerja sama dengan KGS ini, terutama terkait dengan keselamatan area gas, terutama LNG, CNG dan LPG. Pengalaman Korea terkait keselamatan kapal-kapal gas, diharapkan dapat ditiru oleh Indonesia.

"Kita tahu, kapal-kapal kita banyak digalangkan di Korea, seperti LNG dan sebagainya. Jadi mereka (Korea) sudah mengerti proses keselamatannya. Nanti kalau kita dalam konteks bikin (kapal) yang kecil-kecil segala macam, prosedur keselamatannya sudah cepat," kata Edy.

Kerja sama energi lainnya adalah antara PT Pertamina dengan Korea National Oil Corps untuk melakukan joint study hulu migas.

"Kalau dengan Pertamina terserah, mereka mau yang konvensional atau non konvesional, ya monggo. Dulu kann KNOC pernah punya (wilayah kerja) di Papua," jelas Edy.

Dalam kesempatan itu, ditandatangani pula kerja sama operasional rig pengeboran CBM di Indonesia antara PT Sugico dengan Hanjin D&B Co. Ltd serta perluasan kerja sama Kogas dan Sugico.

Selain itu, proyek pembangkit listrik batubara di Kalimantan oleh PT Adaro Power dengan PT EWP Indonesia serta proyek PLTU Tebo 2x200 MW di Jambi. (TW)


Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.