Indonesia-Jerman Jalin Kerja Sama Sektor Energi


Demikian antara lain hasil konferensi energi yang diselenggarakan di Berlin, Jerman, 12-13 Oktober lalu. Konferensi energi yang merupakan tindak lanjut arahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Berlin pada Desember 2009 ini, bertujuan membuka peluang kerja sama sektor energi antara Indonesia dan Jerman.

 

Hasil lainnya yang perlu mendapat perhatian adalah keberminatan dan keseriusan para ilmuwan dan pelajar baik dari Berlin maupun Indonesia sangat tinggi dalam menyikapi penggunaan dan perkembangan energi fosil yang semakin menurun dan berdampak bagi perubahan iklim dunia.

 

Selain melakukan diskusi mengenai energi, termasuk kegiatan hulu dan hilir migas, pada acara tersebut juga dilakukan penandatanganan kerja sama bisnis antara PT Ephindo dan General Electrics. Dibahas pula kesepakatan antara World University Service Komite Indonesia (WUSKI) dan Indonesisches Weisheits und Kulturzentrum (IWKZ) Berlin e.v. dalam bidang peningkatan kapasitas pelajar semester akhir asal Indonesia di Jerman dan sosialisasi program-program untuk alumni perguruan tinggi Jerman dan profesional Indonesia di Jerman.

 

Konferensi energi ini merupakan kolaborasi antara pemerintah, pengusaha, ilmuwan dan pelajar. Acara dihadiri sekitar 300 orang dari berbagai kalangan terkait, bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Jerman dan United Kingdom Trade and Investment (UKTI).

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.