Indonesia-AS Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Energi

Demikian antara lain hasil pertemuan The 4th Indonesia-United States Energy Policy Dialoque (EPD) yang diselenggarakan 14-15 Mei 2012 di Hotel Sheraton, Surabaya. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo. Sedangkan Delegasi AS dipimpin oleh Deputy Assistant Secretary for Asia, Europe and The Americas, Dr. Phyllis Yoshida.

Di bidang migas, kerja sama yang akan dilakukan adalah melakukan studi mengenai shale gas. Sementara untuk energi baru terbarukan, AS berkomitmen untuk mendanai program penggunaan teknologi bersih di Indonesia.

Kedua negara mendiskusikan berbagai topik energi seperti perkembangan sektor energi di kedua negara termasuk migas, kelistrikan, energi baru terbarukan, efisiensi energi, sumber daya geologi serta perkembangan infrastruktur FSRU di Indonesia.

Pada kesempatan itu, Delegasi Indonesia menjelaskan bahwa kebijakan energi Indonesia difokuskan pada peningkatan produksi dan pembangunan infrastruktur energi. Terkait hal itu, upaya-upaya yang dilakukan, antara lain melalui EOR dan IOR, pengembangan gas unconventional terutama shale gas.

Kerja sama Indonesia dan USA dalam wadah RI-USA Energy Bilateral Consultations Meeting telah dimulai  tahun 1990 dan kemudian berkembang menjadi RI-US Energy Policy Dialoque (EPD) sejak tahun 2005.

The 5th Indonesia-United States Energy Policy Dialoque (EPD) rencananya akan dilakukan pada 2014 mendatang di AS.

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.