Hingga Maret, Rata-Rata Produksi Minyak 953.000 bph

“Bila semua peralatan berjalan seperti yang direncanakan, potensi produksi minyak mencapai 975 ribu barel per hari. Terbukti pada awal tahun, produksi pernah menyentuh 970 ribu barel,” kata Sulistya Hastuti Wahyu, Kepala Dinas Hubungan Masyarakat dan Hubungan Kelembagaan BPMIGAS, dalam siaran persnya.

BPMIGAS optimis target produksi minyak yang ditetapkan pemerintah sebesar 965 ribu barel per hari bisa tercapai. Begitu pula dengan target produksi gas bumi. Hingga pertengahan Maret 2010, pencapaian pencapaian produksi gas Indonesia mencapai 8.776 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). Realisasi produksi ini di atas target APBN sebesar 7.758 MMSCFD.

“Beberapa kebijakan dijalankan untuk mencapai target pemerintah, antara lain mengusahakan agar proyek-proyek baru dapat direalisasi tepat waktu” katanya.

Untuk mendukung pencapaian target produksi,  juga dilakukan percepatan proses persetujuan work program and budget (WP&B), authorization for expenditure (AFE), dan plan of development (PoD). Kini, proses WP&B hanya 25 hari kerja, PoD memakan waktu 31 kerja, dan AFE diperkirakan berkisar 23 sampai 48 hari kerja.

Selain itu, KKKS juga didorong untuk melaksanakan infill drilling pada sumur-sumur produksi dan pemeliharaan peralatan bagi fasilitas-fasilitas produksi yang sudah tua untuk mengurangi unplanned shutdown peralatan penunjang produksi.

“Kami berharap bantuan semua pihak, agar masalah-masalah non teknis yang dapat menghambat realisasi kegiatan migas di lapangan tidak terjadi, sehingga mengganggu realisasi proyek,” tambahnya. Beberapa masalah eksternal yang dimaksud antara lain alotnya proses perijinan dari berbagai instansi dan gangguan cuaca.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.