Hingga 2010, Konversi Mitan ke LPG Hemat Rp 26 Triliun


Penghematan yang berhasil diperoleh ini, menurut Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh pada acara Pelatihan Tenaga Penyuluh Lapangan Penggunaan LPG di Gedung Dharma Wanita Pusat, Kamis (20/1), hampir 2 kali lipat anggaran Kementerian ESDM yang sekitar Rp 15 triliun per tahun atau ekivalen sejumlah sekolah dan puskesmas.

 

Uang hasil penghematan itu, lanjutnya, juga dapat digunakan untuk melistriki daerah-daerah di Indonesia yang belum tersentuh penerangan listrik.

 

”Dari jumlah 59 juta kepala keluarga di Indonesia, sebanyak 34% belum terlistriki. Penghematan ini juga dapat digunakan untuk penerangan,” tambahnya.

 

Ia mengemukakan, konversi minyak tanah ke LPG merupakan perubahan budaya dan lompatan teknologi. Masyarakat yang sebelumnya menggunakan kompor minyak tanah untuk memasak, berubah menggunakan kompor LPG.

 

Untuk menyosialisasikan program ini, Kementerian ESDM berkoordinasi dengan instansi terkait seperti pemerintah pusat dan daerah, TNI (Babinsa), Polri, guru, mahasiswa, dharma wanita dan tokoh-tokoh masyarakat.

 

”Saya berharap, dengan adanya pelatihan penyuluh LPG ini, dharma wanita dapat lebih aktif lagi untuk memberi penyuluhan kepada masyarakat tentang penggunaan LPG secara benar, sehingga ledakan LPG dapat dihindari,” kata Darwin.

 

Berdasarkan data Bareskrim Polri, sampai dengan Desember 2010, telah diinvestigasi kecelakaan penggunaan kompor LPG sebanyak 109 kejadian, yang terdiri dari tabung 12 kg sebanyak 74 kejadian dan tabung 3 kg 34 kejadian.

 

Dari investigasi diketahui bahwa penyebab kecelakaan yang berupa kebakaran/ledakan, terutama disebabkan karena kerusakan pada seal karet, selang karet saluran gas, regulator dan katup (valve) serta keterbatasan pengetahuan masyarakat terhadap penggunaan LPG dan kecurangan pihak tertentu untuk mendapat keuntungan finansial.

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.