Hindari Unplanned Shutdown, Kepala Teknik Tambang Migas Diminta Tingkatkan Pengawasan


Harapan itu disampaikan Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh dalam arahannya pada acara Forum Komunikasi Keselamatan Migas di Hotel Kartika Chandra, Rabu (24/11).

 

Dikatakan Darwin, unplanned shutdown pada kegiatan operasi migas dapat mempengaruhi produksi migas. Padahal, peningkatan produksi migas merupakan salah satu program kerja Kabinet Indonesia Bersatu II.

 

Lebih lanjut ia mengemukakan, migas merupakan sumber daya alam strategis yang tidak terbarukan. Selain berkontribusi terhadap penerimaan negara sekitar 30%, usaha migas juga menjadi pendorong pembangunan daerah, penyedia energi, bahan baku domestik dan penyedia lapangan kerja.  Begitu besar kontribusi migas, sehingga jika terjadi kejutan-kejutan dalam kegiatan migas seperti unplanned shutdown, dapat memberikan dampak besar terhadap masyarakat. 

 

Mengenai kecelakaan-kecelakaan yang terjadi pada kegiatan migas, menurut Darwin, juga menjadi perhatian Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dalam satu kesempatan, Presiden berpesan agar kebocoran minyak yang terjadi di Teluk Meksiko, tidak terjadi di Indonesia.

 

”Beliau berpesan agar (kecelakaan) itu dihindari terjadi di Indonesia. Kita mengetahui ada kebocoran pipa (TGI) di (lapangan) Chevron dan kebocoran di Teluk Australia. Kita coba hindari hal itu,” katanya.

 

Mengakhiri arahannya, Darwin meminta agar Forum Komunikasi Keselamatan Migas  dapat digunakan sebagai ajang meningkatkan kerja sama pelaku usaha migas baik hulu maupun hilir.

 

Forum Komunikasi Keselamatan Migas merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan Ditjen Migas Kementerian ESDM yang ditujukan bagi para Kepala dan Wakil Kepala Teknik Tambang dilingkungan kegiatan operasi hulu dan hilir migas.


Penyelenggaraan Forum Komunikasi Keselamatan Operasi Migas merupakan media untuk menjalin peningkatkan komunikasi serta tukar menukar informasi guna meningkatkan wawasan dalam aspek keselamatan dan aspek kesehatan kerja serta pengelolaan lingkungan hidup antara pemerintah dengan pelaksana kegiatan operasi.

 

Dengan diselenggarakaanya Forum Komunikasi Keselamatan Operasi Migas 2010 yang mengambil tema “Menjaga Kesinambungan Operasi Migas Dengan Mengurangi Unplanned Shutdown” ini, para pelaksana kegiatan operasi yaitu Kepala dan Wakil Kepala Teknik Tambang migas dapat lebih meningkatkan pelaksanaan pengawasan dan pembinaan dalam aspek keselamatan dan kesehatan kerja serta pengelolaan lingkungan “day to day” secara terus-menerus.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.