Hari Jadi Pertambangan dan Energi Ke 66


Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke 66 mengangkat Tema “Kita Tingkatkan Peran Sektor ESDM guna Terwujudnya Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Energi yang Berkeadilan”. Hadir dalam acara tersebut, Ketua Komisi VII DPR Teuku Riefky Harsya, Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta, Kepala BPMIGAS R. Priyono, mantan Menteri ESDM Subroto, Dirut PT Pertamina Karen Agustiawan, Dirut PT PGN Hendi Prio Santoso dan stakeholder lainnya. 
 
Pada dalam rangkaian upacara tersebut,  dilakukan Pemberian Penghargaan berupa Energy Award, Dharma Karya ESDM, Penghargaan K3 dan Lingkungan, Sertifikat Penyuluh Energi dan penanaman pohon oleh Menteri ESDM, Menteri Lingkungan Hidup, anggota DPR, duta besar negara sahabat, pejabat eselon 1 di lingkungan Kementerian ESDM serta asosiasi.
 
Energy Award

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) mempunyai tanggung jawab dan wewenang dalam penetapan kebijakan maupun pengaturan pengelolaan energi, antara lain dengan membangun ketahanan energi melalui konservasi, diversifikasi, dan budaya hemat energi.

Selain itu, KESDM juga berupaya mendorong peran aktif tidak hanya masyarakat secara perseorangan maupun kelompok masyarakat untuk berinisiatif atau berikhtiar mengembangkan teknologi dan inovasi dalam hal penyediaan dan pemanfaatan energi menggunakan energi setempat yang berlimpah dengan prinsip konservasi dan atau diversifikasi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri maupun masyarakat sekitar. Oleh karena itu, KESDM merasa terpanggil untuk memberikan Penghargaan Energi kepada mereka yang telah berjasa luar biasa melakukan kegiatan pengelolaan energi yang berdampak besar kepada masyarakat sekitar, sektor energi dan sumber daya mineral serta Bangsa dan Negara. Penghargaan Energi (Energy Award) pada tahun 2011 terdiri atas 3 (tiga) jenis yaitu:
 
1.   Penghargaan Energi Prakarsa yaitu penghargaan yang diperuntukkan bagi perorangan dan kelompok masyarakat yang menjadi panutan dan pelopor karena telah berjasa luar biasa dibidang konservasi dan diversifikasi energi sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dalam pengelolaan energi yang berkelanjutan dan efisien;
2.   Penghargaan Energi Pratama yaitu penghargaan yang diberikan kepada perusahaan nasional/ daerah dan asing yang telah berpartisipasi aktif sebagai korporat melakukan konservasi dan diversifikasi energi secara terus menerus sehingga membawa dampak yang besar pada pembangunan sektor energi dan sumber daya mineral; serta
3.    Penghargaan Energi Prabawa yaitu penghargaan yang diberikan kepada pemerintah pusat, provinsi dan kotamadya/kabupaten yang menjadi panutan karena komitmennya dalam memprioritaskan program diversifikasi dan konservasi energi sehingga menghasilkan dampak besar pada pembangunan sektor energi dan sumber daya mineral.

Pemberian Penghargaan Energi (Energy Award) oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral diberikan kepada:
1.  Penghargaan Energi Prakarsa Perorangan sebanyak 6 (enam) orang;
2.  Penghargaan Energi Prakarsa Kelompok Masyarakat sebanyak 3 (tiga) Kelompok Masyarakat;
3.  Penghargaan Energi Pratama sebanyak 4 (empat) Perusahaan;
4.  Penghargaan Energi Prabawa sebanyak 4 (empat) Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten.
 
Penghargaan Dharma Karya ESDM, Penghargaan K3 dan Lingkungan

Selain Penghargaan Energi, dalam kesempatan yang sama, Menteri ESDM juga memberikan penghargaan Dharma Karya ESDM kepada 41 (empat puluh satu) orang, yang terdiri dari Dharma Karya ESDM Utama 4 (empat) orang, Dharma Karya ESDM Madya 16 (enam belas) orang dan Dharma Karya ESDM Muda 21 (dua puluh satu) orang. Para  penerima Dharma Karya ESDM ini berasal dari unit utama Kementerian ESDM dan BUMN sektor ESDM.

Sementara itu, untuk kategori Penghargaan Pengelolaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pertambangan Mineral dan Batubara serta kategori Penghargaan Pengelolaan Lingkungan Pertambangan Mineral dan Batubara, Menteri ESDM juga menyerahkan penghargaan kepada 2 (dua) perusahaan untuk masing-masing kategori dan akan dilakukan peninjauan pameran kepada 73 booth yang diikuti dari seluruh unit utama Kementerian ESDM, BUMN dan stakeholders sektor ESDM.

Program-program untuk masyarakat

Sebelum hari jadi Pertambangan dan Energi, telah dilakukan program-program untuk masyarakat, antara lain:
a.  Sosialisasi Pembatasan BBM Bersubsidi;
b.  Sosialisasi Gerakan Hemat Energi dan Air;
c.  Pemanfaatan Corporate Social Responsibility sektor ESDM;
d.  Penilaian Penerima penghargaan lingkungan dan K3;
e.  Penilaian penerima penghargaan Dharma Karya.
 
Selain itu, dalam rangka memperingati Hari Jadi Pertambangan dan Energi, serangkaian acara pendahuluan juga telah dilakukan untuk mendukung acara, yaitu:

a. Talkshow
melalui media elektronik di Televisi dan siaran radio.
b. Coffee Morning dengan stakeholders dan sesepuh ESDM.
Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.