Harga Minyak Persulit Ekonomi Dunia

“Untuk perekonomian dunia, tingginya harga minyak bukan hal yang bagus. IMF memperkirakan pertumbuhan ekonomi turun dari 5,2% menjadi 4,8%,” kata Dirjen Migas Luluk Sumiarso dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Suyartono ketika membuka seminar mengenai Asset Integrity Management System (AIMS) bekerja sama dengan APITINDO di Auditorium Migas, Selasa (3/6).

Dikatakannya, pemerintah baru saja membuat keputusan sulit dengan menaikkan harga BBM bersubsidi sekitar 28%. Harga BBM yang naik ini membawa dampak negatif bagi masyarakat, terutama masyarakat kurang mampu.  Namun di sisi lain, naiknya harga minyak memberikan tantangan untuk meningkatkan produksi migas serta memperbaiki infastruktur energi.

Berkaitan dengan seminar mengenai AIMS ini, Luluk yakin materi ini dapat memberikan kontribusi yang baik dalam mengatur pasar energi Indonesia yang rapuh, khususnya pasar minyak.

“Topik ini membentuk pendekatan yang menyeluruh dan terintegrasi mengenai perawatan dan inspeksi yang berbasis resiko, khususnya yang berkaitan dengan efisiensi operasi industri migas,” katanya.

Perawatan dan inspeksi yang berbasis resiko ini akan meningkatkan kemampuan mengatur integritas dari infrastruktur migas dan menurunkan terhetinya operasi yang tidak terencana serta meningkatkan efisiensi operasi.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.