Harga BBM Naik Sedikit atau Banyak, Dampaknya Sama

”Berdasarkan pengalaman, harga BBM naik 10,20 atau 30%, dampaknya sama. Ini terjadi waktu kenaikan tahun 2005 dulu,” katanya pada peluncuran Majalah EM di Hotel Borobudur, Selasa (11/3).

 

Hal itu dikemukakannya menanggapi pernyataan sejumlah pihak agar pemerintah lebih baik memilih opsi menaikkan harga BBM  ketimbang melakukan pembatasan melalui kartu kendali dan smart card.

 

Kenaikan harga BBM, lanjut Purnomo, berdampak pada inflasi. Inflasi harus harus diwaspadai karena dapat menggerogoti APBN.

 

Pada kesempatan tersebut, Purnomo menegaskan kembali kebijakan pemerintah untuk tidak menaikkan harga BBM hingga 2009 dan lebih memilih melakukan penghematan. Jika kebijakan ini bisa dilakukan dengan baik, diyakini bisa menghemat volume BBM yang otomatis juga akan mengurangi subsidi BBM.

 

Ia mengungkapkan, permasalahan BBM dari hari ke hari makin menarik karena harga minyak yang tinggi. Banyak pihak yang hanya melihat dari jangka pendek saja. Padahal, kita tidak bisa mengubah keadaan dalam satu malam.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.