Gubernur Seluruh Indonesia Dukung Kebijakan Pengendalian BBM Subsidi

Disepakati pula, pemerintah akan melakukan percepatan pembangunan SPBU di daerah guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat.

Menko Perekonomian Hatta Radjasa kepada pers usai pertemuan yang berlangsung sekitar 4 jam tersebut, memaparkan, pemerintah melakukan pemaparan exercise yang dilakukan terkait pengendalian BBM bersubsidi serta mendengar pemasukan dari para kepala daerah apabila exercise tersebut jadi dilakukan pemerintah.

Respon dari seluruh gubernur dan wakil gubernur yang hadir, lanjut Hatta, sangat positif dan mendukung dilakukannya pengurangan subsidi BBM karena pemerintah daerah merasakan perlunya dana untuk pengurangan kemiskinan dan pembangunan infrastruktur.

“Semua sepakat menyerahkan apapun keputusan yang nanti diambil, para gubernur akan mendukung. Bahkan dari asosiasi para gubernur se-Indonesia, juga merekomendasikan agar segera dilakukan penyesuaian harga BBM,” kata Hatta.

Kebijakan yang akan diambil pemerintah, kata Hatta, tetap memperhatikan daya beli masyarakat, inflasi dan dampak terhadap  masyarakat yang kurang mampu serta memberikan pengaruh yang kuat terhadap perekonomian negara secara keseluruhan.

Menurut rencana, pemerintah akan mengurangi besaran subsidi untuk BBM bagi masyarakat menengah-kaya yang memiliki mobil pribadi. Sementara untuk kendaraan umum dan motor, subsidi akan diberikan penuh agar tidak menimbulkan gejolak di masyarakat. Dalam pelaksanaan kebijakan ini nantinya, diperlukan kesiapan dari pemerintah daerah terutama dari sisi sosialisasi. (Tursilowulan)

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.