Groundbreaking Kilang APBN Ditargetkan 2014


”Kilang harus kita bangun. Kalau kita tidak punya tambahan kilang lagi, berat ke depan,” kata Menteri ESDM Jero Wacik pada Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR, pekan ini.

 

Meskipun pembangunan kilang itu baru akan rampung pada 2018, lanjut Wacik, namun persiapannya harus dimulai sejak saat ini. Penegasan mengenai pentingnya pembangunan kilang, juga telah disampaikan Menteri ESDM kepada Menteri Keuangan Chatib Basri.

 

”Saya minta agar dipermudah urusan membuat kilang,” jelasnya.


Pembangunan kilang dengan dibiayai APBN, saat ini memasuki tahap studi kelayakan (feasibility study/FS). Diharapkan dari hasil studi ini, dapat diperoleh hasil kajian mengenai produk yang dihasilkan, lokasi, keekonomian serta teknologi yang digunakan. Proyek multiyears ini diperkirakan memakan biaya sekitar Rp 90 triliun.


Dalam kesempatan terpisah, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) menyatakan kesiapan BUMN tersebut untuk menjadi operator  kilang. Seperti kilang-kilang yang telah dibangun pemerintah sebelumnya, kilang APBN ini nanti akan menjadi Penyertaan Modal Pemerintah (PMP) kepada PT Pertamina. (TW)

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.