Gasifikasi Batubara Kurangi Ketergantungan Terhadap BBM

Meski pengembangan gasifikasi batubara baru dilakukan dalam skala pilot untuk PLTD di Palimanan, Cirebon, namun diharapkan di masa depan dapat dikembangkan lebih besar lagi. Pilot gasifikasi batubara di PLTD Palimanan menggunakan gasifier buatan China (fixed bed) dengan pereaksi udara/uap air kapasitas 150-200 kg batubara per jam. Saat ini, telah berhasil menggunakan mesin diesel kapasitas 250 KVA, sistem manual dan non turbo. Operasi duel fuel dengan gas bakar menghemat 65% solar (65% gas-35% solar). Kini tengah disiapkan uji coba penggunaan mesin diesel kapasitas 450 KVA sistem otomatis dan turbo dan menggunakan gasifier kapasitas 250-300 kg batubara per jam.

Proses gasifikasi batubara adalah proses yang mengubah batubara dari bahan bakar padat menjadi bahan bakar gas. Dengan mengubah batu bara menjadi gas, maka material yang tidak diinginkan yang terkandung dalam batubara seperti senyawa sulfur dan abu, dapat dihilangkan dari gas dengan menggunakan metode tertentu sehingga dapat dihasilkan gas bersih dan dapat dialirkan sebagai sumber energi.

Gasifikasi batubara di Indonesia berpeluang menjadi energi alternatif karena cadangannya cukup besar yaitu diperkirakan mencapai 91 miliar ton, dengan tingkat produksi berkisar 200-300 juta ton per tahun. Gasifikasi batubara juga dapat memanfaatkan batubara muda yang jumlahnya di Indonesia mencapai 70%.

Keunggulan lainnya, gasifikasi batubara tidak mengandung resiko, tidak berbau dan ramah lingkungan. Sayangnya, implementasi gasifikasi di Indonesia masih banyak menemui kendala karena sebagian besar batubara langsung dibakar habis dan dijadikan energi listrik tanpa digasifikasi. Padahal, batubara akan lebih efisien jika dikonversi terlebih dahulu dengan cara gasifikasi.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.