Gas Rumah Tangga Mengalir Januari 2010

“Tahap konstruksi diharapkan selesai akhir tahun ini. Setelah dilakukan uji coba dan sebagainya, diharapkan akhir Januari gas sudah dapat mengalir ke rumah-rumah,” kata Dirjen Migas Departemen ESDM Evita H. Legowo.

Ia mengemukakan, pembangunan jaringan distribusi gas kota di Palembang dan Surabaya kini memasuki tahap kontruksi. Pipa yang dibangun meliputi pipa distribusi hingga ke meteran di  masing-masing rumah tangga yang mendapat fasilitas ini.

Evita mengakui, dalam pelaksanaan pembangunan jaringan ini, pihaknya menemui sejumlah kendala seperti kondisi jalan yang terlalu sempit, lokasi yang dituju menyeberangi sungai. Ada pula kawasan yang ternyata sudah dilalui pipa jaringan gas bumi milik PT PGN.

“Akibatnya, pelaksana harus menyesuaikan daerah yang dapat dipasang  jaringannya agar hasilnya optimal,” kata Evita.

Terkait pengelolaan jaringan distribusi gas ini, pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Menteri ESDM No 29 Tahun 2009 tentang tata cara penawaran pengoperasian jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga yang dibangun oleh pemerintah. Dalam aturan tersebut, ditetapkan bahwa penawaran pengoperasian jaringan ini dilaksanakan melalui lelang serta dapat diikuti oleh badan usaha dan BUMD.

Khusus mengenai BUMD ini, pemerintah memberikan hak perubahan penawaran (right to match) dengan ketentuan BUMD harus mempunyai komitmen pengembangan jaringan gas bumi untuk rumah tangga di wilayahnya. Hak right to match diberikan apabila hasil penilaian terhadap dokumen partisipasi yang diberikan BUMD, lebih rendah dari badan usaha peserta lelang yang lain, dengan ketentuan sekurang-kurang menyamai penawaran tertinggi untuk komitmen teknis dan finansial.

Sementara itu mengenai harga berlangganan yang harus dibayar masyarakat nantinya, masih dalam pembahasan pemerintah.

Menurut rencana untuk 2010, jaringan distribusi gas akan dibangun di 4 kota yaitu Bekasi, Depok, Tarakan dan Sidoardjo. Jaringan distribusi gas untuk 2011 rencananya akan dibangun di rumah susun bersubsidi Jabodetabek, Semarang, Bontang dan Sengkang.

Madura, Balikpapan dan Jambi akan dibangun jaringan distribusi gas pada 2012. Setahun kemudian, giliran Sorong, Pekanbaru, Subang dan Lhokseumawe. Sedangkan 2014, jaringan distribusi gas akan dibangun di Samarinda, Muara Enim, Lampung dan Prabumulih.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.