Festival Sadar Energi

Festival Sadar Energi adalah kegiatan yang ditujukan untuk mendorong masyarakat khususnya generasi muda untuk lebih peduli akan pentingnya energi bagi kelangsungan hidup umat manusia. Festival ini akan berlangsung selama bulan Juni, dimulai dari Yogyakarta, kemudian bergulir ke kota-kota lain yaitu Makassar, Papua, Bandung dan Bali.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Energi dan Sumber Daya  Mineral,  Saleh Abdurrahman mengungkapkan, jumlah pasokan minyak bumi kini semakin berkurang akibat menurunnya produksi dalam negeri. Sementara pada bagian lain, masih banyak masyarakat  yang  berpandangan bahwa Indonesia  kaya  akan minyak bumi.  Sebuah pendapat  yang  sesungguhnya tidak tepat.

"Festival Sadar Energi adalah sebuah pendekatan yang diharapkan mampu mengkomunikasikan kondisi energi nasional kepada masyarakat, menyampaikan pengelolaan energi  yang  lebih baik melalui  pesan sadar energi secara lebih dekat dan lebih atraktif.  Antara lain melalui kompetisi film pendek, roadshow Sadar Energi serta Malam Sadar Energi (Awarding Event),"  katanya.

Usai kuliah umum Wamen ESDM, acara dilanjutkan dengan film making workshop  bersama John De Rantau (Sutradara Film) dan Tonny Trimarsanto (Sutradara dokumenter),  pemutaran film animasi “Pulau Bintang”  serta diskusi bersama Sutradara dan Pengisi, Ray Nayoan dan Umay Shahab dan juga  diisi hiburan oleh stand up comedian Sakdiah.

Direktur Festival Sadar Energi Lia Amran mengungkapkan, festival ini merupakan sebuah upaya untuk menyadarkan publik agar  "sadar energi"  bukan hanya  slogan, tapi sebuah gerakan mendorong partisipasi publik untuk menghemat energi.
 
"Tujuan dari kegiatan ini adalah menyediakan informasi kepada masyarakat mengenai sadar energi hingga akhirnya menjadi aksi hemat energi yang menjadi bagian dari kehidupan  sehari-hari," katanya.

Dalam festival ini, masyarakat juga diajak untuk berperan aktif sebagai "agen perubahan" untuk kampanye sadar energi melalui Kompetisi Film Pendek Sadar Energi dan Kompetisi Ide Cerita Film Pendek. Kompetisi ini bersifat terbuka dan diikuti oleh pelajar SMP dan SMA, mahasiswa dan umum.

Sebagai puncak kegiatan festival  adalah Perayaan dan Malam Anugerah Kompetisi Film  Pendek "Sadar Energi" yang rencananya akan berlangsung di Taman Menteng, Jakarta  Pusat pada Sabtu, 19 Juli 2014.

Selain kampanye sadar energi melalui roadshow, upaya untuk memberikan penyadaran pada publik tentang pentingnya sadar energi  juga  dipublikasikan di website dan media social seperti twitter, facebook dan youtube.

“Di twitter dan facebook ada beragam informasi seputar energi, kamus energi, sharing para penguna media sosial tentang beragam cara hemat energi. Sedangkan di youtube melalui akun resmi Sadar Energi kami bagikan video tutorial tentang pembuatan film  pendek dimana calon peserta kompetisi bisa menggunakannya sebagai acuan membuat karya pada kompetisi  film pendek tentang  Sadar Energi,”  ujar Lia.

Dengan beragam upaya pendekatan tersebut, diharapkan kampanye sadar energi akan menciptakan agen perubahan pada tiap lapisan masyarakat. (TW)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.