Dorong Pengembangan Indonesia Timur, Pemerintah Tambah Data Cadangan

“Kita akan terus memberikan informasi, terus bergerak memberikan tambahan-tambahan data cadangan,” kata Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Edy Hermantoro pada diskusi terbatas di Hotel Sari Pan Pasifik.

Hingga saat ini, eksplorasi di Indonesia bagian Timur masih kurang jika dibanding Indonesia bagian Barat. Padahal, cadangan migasnya terbilang cukup besar.

Deputi Perencanaan BPMIGAS Haposan Napitupulu menambahkan, selain meningkatkan data cadangan, pemerintah juga berupaya menggunakan teknologi baru dalam mengembangkan lapangan-lapangan yang berada di daerah frontier atau laut dalam.

Pengembangan migas ke depan, lanjutnya, sejalan dengan paradigma baru bahwa migas tidak hanya sekedar untuk penerimaan negara, tetapi juga penggerak ekonomi negara.

Sebanyak 243 kontraktor kontrak kerja sama tercatat beroperasi di Indonesia saat ini.  Dari jumlah tersebut, 20 KKKS mengelola wilayah kerja CBM, 56 KKKS dalam tahap produksi, 152 KKKS dalam tahapan ekspplorasi  serta  11 KKKS dalam tahap pengembangan dan bersiap-siap meningkat menjadi wilayah kerja produksi.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.