Diversifikasi BBM ke Bahan Bakar Gas Perlu Kerja Keras

Demikian dikemukakan Menteri ESDM Jero Wacik usai rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR, Senin (26/3).

“Program ini harus dilakukan segera. Saya mendengar, ada orang bilang, kok (pemerintah) dari dulu ngomong aja. Sekarang kita akan kerjakan. Jadi ngomongnya cukup, saya akan kerjakan,” tegas Wacik.

Saat ini, lanjutnya, pemerintah masih mempersiapkan pelaksanaan kebijakan itu seperti mempersiapkan converter kit, SPBG dan bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian agar pada 2014 mendatang, mobil-mobil yang baru diproduksi, telah dilengkapi dengan converter kit sehingga memberikan pilihan kepada masyarakat untuk menggunakan bahan bakar gas.

Sementara itu, terkait pengawasan distribusi BBM bersubsidi dan diversifikasi BBM ke bahas bakar gas, pemerintah telah membentuk Tim Koordinasi Pengendalian BBM bersubsidi melalui SK Menteri Perekonomian nomor KEP-14/M.EKON/03/2012 yang terdiri dari tim sosialisasi, pengawasan dan pengendalian BBM bersubsidi, pengawasan diversifikasi penggunaan BBM ke bahan bakar gas, kesiapan infrastruktur, keselamatan penggunaan gas untuk transportasi dan analisis sosial.

Anggota tim tersebut terdiri dari Kemenko Bidang Perekonomian, Kemenko Bidang Polhukam, Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertahanan, Kementerian Dalam Negeri, Kemenkoinfo, Kemenakertrans, Kementerian Kelautan Perikanan, Kementerian Pertanian, Kementerian BUMN, Bappenas, Kejagung, Polri, Kementerian Keuangan, BPH Migas dan Kementerian Perindustrian.

Tim tersebut bertugas mengkoordinasikan perencanaan dan perumusan kebijakan pengendalian BBM bersubsidi, pelaksanaan pengendalian BBM bersubsidi serta  penyelesaian masalah dan hambatan yang timbul dalam pelaksanaan pengendalian kebijakan BBM bersubsidi.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.