Diusulkan, Waktu Tertentu Tanpa BBM Subsidi

”Ada beberapa hal yang harus sepersetujuan Pak Menteri (ESDM). Kalau iya, kita akan ubah sedikit sistemnya. Jadi kami usulkan bukan sehari tanpa BBM subsidi tapi ada jam-jam tertentu dalam sehari yang dibatasi membeli gasoline bersubsidi,” kata Evita usai menjadi pembicara pada Indonesia-Norway di Hotel Shangrila, Selasa (27/11).

Jika usulkan ini dapat disetujui, lanjutnya, maka uji coba dilakukan mulai Desember 2012. Hasil dari uji coba ini, selanjutnya akan dievaluasi apakah dapat menekan penggunaan BBM bersubsidi.

Pemilihan hari Minggu sebagai waktu untuk melakukan pembatasan pembelian BBM bersubsidi, dengan pertimbangan karena aktivitas kendaraan umum relatif tidak sepadat hari lainnya. 

”Hari Minggu kan sepi, kita akan coba. Ada nggak dampaknya. Nanti kalau bagus, kita coba lagi,” ujar Evita.

Pembatasan penggunaan BBM bersubsidi ini, tambah Evita, sebenarnya hanya mengajari diri sendiri agar dapat berhemat karena untuk meminta tambahan kuota BBM subsidi lagi, tampaknya sulit dilakukan. Untuk tahun ini, DPR menetapkan kuota BBM bersubsidi sebesar 44,04 juta KL dan jika tidak dilakukan penghematan, dikuatirkan tidak akan mencukupi.

 

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.