Disusun, Blueprint Infrastruktur Migas

Dirjen Migas Departemen ESDM Evita H. Legowo dalam pertemuan dengan stakeholder mengemukakan, Ditjen Migas sedang menyelesaikan konsep blueprint tentang rencana pengembangan infrastruktur migas yang terintegrasi dari hulu hingga hilir, sehingga pengembangan industri migas di tanah air dapat lebih terarah dan optimal.


“Ini pekerjaan besar, tapi kita usahakan susun itu,” kata Evita yang mengharapkan blueprint ini dapat segera diselesaikan.


Terkait penyusunan blueprint ini, Kepala Sub Direktorat Penyiapan Program Migas J. Widjonarko menambahkan, pihaknya terus mematangkan konsep blueprint,  memperbarui dan melengkapi data-data yang diperlukan.


Secara garis besar, papar Widjonarko, blueprint ini merupakan konsep rencana jangka panjang pengembangan infrastruktur industri migas. Sebagai contoh, untuk mendukung kegiatan gas bumi, maka akan dipaparkan mengenai rencana pengembangan infrastruktur gas bumi, pembangunan pipa ruas transmisi maupun jaringan distribusi gas bumi dan pembangunan LNG terminal.


“Datanya akan mendetil. Misalnya untuk di daerah X, dengan berbagai pertimbangan seperti pasokan, kebutuhan serta keekonomian, maka dalam rangka optimasi pemanfaatan gas bumi, akan lebih baik jika kita memiliki perencanaan yang terpadu untuk penyediaan infrastrukturnya,” katanya.


Demikian pula untuk pengembangan industri minyak, maka akan disusun suatu peta terintegrasi, antara lain di mana sebaiknya suatu kilang dibangun.


“Peta ini sangat penting karena pembangunan infrastruktur migas memerlukan investasi besar,” imbuh Widjonarko seraya menambahkan, Neraca Gas Indonesia (NGI) yang telah selesai disusun akan menjadi salah satu alat dalam penyusunan blueprint.


Sebelum ditetapkan nantinya, pemerintah juga akan meminta masukan stakeholder.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.