Distribusi Tertutup Jangan Buru-buru

“Penggunaan smart card ditekankan sekali oleh Presiden harus siap. Tidak usah terburu-buru dilakukan. Yang penting kita siap, dilakukan uji coba, dilakukan pilot project, evaluasi dengan benar, apa yang kita lakukan, kesiapan kita dan apakah itu bisa dilangsungkan dengan baik untuk kemudian disosialisasikan. Kita akan persiapkan ini dengan baik,” kata Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro kepada pers usai Sidang Kabinet, kemarin sore.

 

Mengenai waktu pelaksanaan sistem ini, pemerintah masih belum dapat memastikannya. “Mei atau Juni belum dipastikan persis. Kita juga di dalam sedang mempersiapkan ini,” ujar Purnomo.

 

Untuk menambah kesiapan pemerintah, empat pilar yaitu PT Pertamina (Persero), BPH Migas, Polri dan pemerintah daerah diminta berkoordinasi. Untuk menguji kesiapan pemerintah, akan dilakukan uji coba dan akan ada proyek percontohan.

 

Menurut rencana, sistem distribusi tertutup akan dilakukan secara bertahap. Penerapan kartu kendali untuk minyak tanah sedianya akan dilakukan mulai Maret, sedangkan pembatasan premium dan solar akan dilaksanakan Mei mendatang.

 

Selain meminta agar distribusi tertutup dipersiapkan secara matang, Presiden juga meminta pengalihan minyak tanah ke elpiji dipercepat.  

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.