Dirjen Migas Tinjau Jargas di Rusun Marunda

Dalam kunjungan tersebut, Dirjen Migas diterima oleh Direktur Pengusahaan PT PGN Jobi Triananda Hasjim. Selain meninjau sarana infrastruktur yang telah terbangun, rombongan juga mendapat penjelasan mengenai persiapan pengaliran gas bumi ke rumah-rumah yang rencananya akan diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dalam waktu dekat ini.

Jobi menjelaskan, rumah yang akan dialiri gas bumi ini berjumlah sekitar 500 sambungan rumah di Blok A. Saat ini, PGN tengah melakukan berbagai persiapan, antara lain melakukan pengecekan jalur pipa menengah dan tie in pipa PGN ke MRS Rusun Marunda, pengecekan instalasi meter gas serta mengganti nozzle kompor gas milik warga. PGN optimis, dapat waktu dekat berbagai persiapan pengaliran gas bumi ini sudah dapat rampung.

Dalam kesempatan itu, Dirjen Migas juga mengunjungi rumah Nasrullah Dompas, Ketua RW 05, yang rumahnya telah dapat dialiri gas bumi serta melakukan uji coba dengan menyalakan kompor.

Pembangunan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan pemanfaatan gas bumi, menekan subsidi BBM dan mendorong penggunaan energi yang lebih bersih.

Infrastruktur gas bumi untuk rumah tangga ini dibangun oleh pemerintah karena badan usaha kurang tertarik untuk mengembangkannya akibat masalah keekonomian. Jargas hanya dapat dibangun di daerah yang memiliki sumber gas atau dekat dengan sumber gas bumi.

Pembangunan jargas di rusun Jabodetabek dilakukan tahun 2011 untuk 5.234 sambungan rumah yaitu di Rusun Tebet Berlian (120 SR), Tebet Harum (320 SR), Tzuchi (1.054 SR), Cinta Kasih (582 SR), Flamboyan (560 SR), TNI AL (95 SR), Marunda (500 SR), Sukapura (100 SR), Tipar Cakung (1.000 SR), Manis Jaya (583 SR) dan Menteng Sari (320 SR). (TW)


Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.