Dirjen Migas Pimpin Delegasi RI Pada The 3rd Indonesia-Japan Energy Policy Dialogue


Pada pembukaan acara tersebut, Evita mengemukakan, krisis keuangan global dan kenaikan harga minyak telah mempengaruhi ekonomi kedua negara. Namun demikian, kita harus tetap optimis bahwa pertumbuhan ekonomi akan terus meningkat. The 3rd Indonesia-Japan Energy Policy Dialogue diharapkan dapat meningkatkan iklim investasi, terutama di Indonesia.

 

“Sebagaimana diketahui, Pemerintah Indonesia membuka peluang bagi sektor swasta Jepang untuk berinvestasi di Indonesia,” tambah Evita.

 

Lebih lanjut ia mengatakan, Indonesia dan Jepang telah menjalin kerja sama yang signifikan di sektor energi. Kedua belah pihak tidak hanya bertukar informasi terkait kebijakan, tetapi juga menjalin kerja sama beberapa proyek energi, terutama di bidang migas.

 

Hal-hal yang akan dibahas dalam The 3rd Indonesia-Japan Energy Policy Dialogue, antara lain kebijakan di bidang migas, ketenagalistrikan serta energi baru terbarukan.

 

“Diharapkan melalui pertemuan ini, kedua belah pihak dapat berbagi ide-ide positif dan konstruktif untuk meningkatkan hubungan Indonesia dan Jepang, tidak hanya di sektor energi, tetapi juga di sektor lain. Ide-ide ini kemudian dapat direalisasikan melalui sebuah kerja sama yang saling menguntungkan juga untuk mengambil peran dalam pasokan energi dunia, terutama efisiensi energi dan energi terbarukan,” tambahnya.

 

Sekadar mengingatkan, The 2nd Indonesia-Japan Energy Policy Dialogue (IJEPD) telah dilaksanakan di Bali, 31 Mei-1 Juni 2011. Sementara itu, The 1st IJEPD digelar di Jepang pada tanggal 13-14 Mei 2010 lalu.


Kerja sama bilateral Indonesia dan Jepang  terjalin dalam berbagai wadah atau bentuk, antara lain melalui lembaga-lembaga Japan-Indonesia Cooperation Agency (JICA), Indonesia-Japan Economic Partnership Agreements (IJEPA), Japan-Indonesia Partnership Association (JIPSA), Japan Institute for Overseas (JIO) dan Indonesia-Japan Energy Round Table (IJERT).

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.