Dirjen Migas Pimpin Delegasi Indonesia Pada The 6th Indonesia-Norway Energy Bilateral Consultations


Delegasi Norwegia dipimpin oleh Director General Ministry of Petroleum and Energy (MPE) Norway, Odd Sverre Haraldsen. Duta besar Norvegia untuk Indonesia, H.E. Eivind S Homme juga hadir pada acara tersebut.


Dalam sambutannya pada acara tersebut, Evita mengemukakan, hubungan kerja sama Indonesia dan Norwegia telah berlangsung cukup lama dan merupakan kehormatan bagi Indonesia dapat mempertahankan kerja sama dengan Norwegia dalam semangat perhabatan.

 

Forum konsultasi bilateral sektor energi Indonesia-Norwegia merupakan forum yang bermanfaat bagi pemerintah maupun stakeholder. Pertemuan membahas isu-isu yang berkaitan dengan energi, kebijakan bidang migas, listrik, energi baru dan terbarukan serta lingkungan.

 

”Pembicaraan kedua deelgasi dimaksudkan untuk mengeksplorasi setiap peluang kerja sama yang mungkin dilakukan,” tambah Evita.

 

Lebih lanjut Evita mengemukakan, Norwegia telah selangkah lebih maju dalam pengembangan energi baru terbarukan. Di sisi lain, Indonesia juga tengah mengembangkan energi baru terbarukan dan berharap dapat memetik pelajaran dari kesuksesan Norwegia. Namun demikian, kerja sama kedua negara tidak terbatas pada energi baru terbarukan, tetapi juga bidang lainnya.

 

”Saya berharap, kedua negara dapat berbagi pelajaran dalam sektor ESDM,” katanya.

 

Hubungan bilateral Indonesia dan Norwegia merupakan implementasi MoU kerja sama bidang energi antara Kementerian  ESDM Republik Indonesia dengan Kementerian Industri dan Energi Kerajaan Norwegia yang ditandatangani pada 18 September 1995 di Jakarta.

 

Pertemuan bilateral Indonesia-Norwegia bertujuan meningkatkan kerja sama sektor energi antara kedua negara Indonesia di bidang pertukaran informasi, kerja sama proyek energi, sains dan teknologi, pengembangan sumber daya manusia, studi banding kebijakan dan regulasi industri energi di kedua negara dan hal-hal lain yang berkaitan dengan energi.


Pertemuan konsultasi energi antara Indonesia dan Norwegia telah diselenggarakan sebanyak 6 kali. Pertemuan dilaksanakan bergantian di Norwegia dan Indonesia. The 1st Indonesia-Norway Consultations dilakukan tanggal 14-15 Maret 1996 di Oslo, Norwegia. The 2nd Indonesia-Norway Consultations dilaksanakan tanggal 3 April tahun 2000 di Jakarta. Sedangkan The 3th Indonesia-Norway Consultations diselenggarakan tahun 2006 di Oslo, Norwegia.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.