Daya Beli Konsumen Gas Domestik Meningkat

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jendral Minyak dan Gas Bumi Evita Legowo dalam acara Forum Investasi Migas yang diselenggarakan Direktorat Jendral Minyak dan Gas Bumi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, di Jakarta, akhir pekan lalu. Evita menyampaikan bahwa PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) baru saja membeli gas dengan harga US$ 8 per MMBTU. PIM membeli gas tersebut dari operator Blok Mahakam, akan tetapi pasokannya akan diswap dari lapangan gas Arun yang berdekatan dengan area operasi PT PIM yaitu di Aceh Utara.

“Untuk pabrik pupuk, ini adalah harga tertinggi yang pernah ada. Dulu harga paling tinggi hanya sekitar US$5 per MMBTU, jadi ini sangat encouraging,” ujar Evita.

Dia menambahkan, kemampuan PIM untuk membeli gas dengan harga US$ 8 per MMBTU merupakan sinyal bagus bagi investor. “Investor tidak perlu khawatir, karena pembeli domestik kita sekarang sudah bisa membeli dengan harga lebih baik,” ujar Evita.

Wakil Kepala Badan Pelaksana Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPMIGAS) Hardiono mengatakan bahwa kunci utama untuk investasi di gas bumi adalah keekonomian dari sebuah proyek. Selama harga gas memenuhi tingkat keekonomian, investor tidak akan sungkan-sungkan untuk berinvestasi di Indonesia.

“Domestic pricing kita masih perlu kita diskusikan lagi karena sering dikeluhkan belum memenuhi asas keekonomian,” ujar Hardiono.

Hendi Prio Santoso, Presiden Indonesian Gas Association (IGA) sekaligus Direktur Utama Perusahaan Gas Negara (PGN), mengatakan bahwa harga sebenarnya bukan lagi menjadi perhatian utama konsumen gas domestik. “Mereka sebenarnya siap untuk terkalibrasi dari sisi harga, asalkan supply tersedia dan security of supplynya lebih baik dari sekarang,” ujar Hendi.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.