Buka Puasa Bersama Kementerian ESDM


Acara rutin tahunan tersebut, menurut Sekjen ESDM Waryono Karno, bertujuan meningkatkan tali silaturahmi serta mempererat kebersamaan di antara sektor ESDM. Acara buka puasa bersama kali ini, mengambil tema, ”Melalui Semangat Ramadhan, Kita Tingkatkan Iman, Takwa dan Budaya Hemat Energi”.

 

Selain berbuka puasa bersama, acara diisi dengan sholat magrib, isya dan taraweh berjamaah. Sebelumnya, dilakukan juga pemberian santunan kepada 360 anak yatim piatu yang diwakili oleh 19 anak serta mendengarkan siraman rohani dari Ustad Anwar Sanusi.

 

Dalam ceramahnya, Ustad Anwar Sanusi mengemukakan, bulan ramadhan merupakan bulan pertobatan. Apabila manusia bertobat dengan sepenuh hati, maka Allah akan memaafkan segala dosa di masa lalu.

 

Lebih lanjut ia mengatakan, Tuhan tidak memiliki kepentingan terhadap manusia. Jika manusia berbuat baik, maka hasilnya akan dinikmati oleh manusia itu sendiri. Sebaliknya, jika berbuat jahat, maka akan memetik hasilnya pula.

 

Mengakhiri sambutannya, Anwar meminta agar umat manusia menjauhi sifat dengki atau tidak senang melihat kebahagiaan atau keberhasilan orang lain.

 

”Pendengki dan setan tidak punya jarak. Pendengki adalah setan berwajah manusia,” tegasnya.

 

Sementara Menteri ESDM Jero Wacik mengungkapkan, dirinya sering mengikuti ceramah keagamaan. Tujuannya, untuk mengambil hikmah atau pelajaran untuk kemudian dipergunakan dalam menjalani kehidupan.

 

”Dalam ceramah yang diberikan Ustad Anwar Sanusi, saya banyak mendapatkan ’kuntum melati’ yang kalau kita rajin melaksanakannya, maka akan mudah bagi kita menjalani hidup,” katanya.

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.