Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Sektor ESDM 1435 H

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM M. Teguh Pamudji pada awal acara melaporkan, buka puasa bersama merupakan agenda rutin yang diselenggarakan atas inisiatif bersama para pegawai, karyawan dilingkungan Kementerian ESDM, BUMN dan stakeholder sektor energi dan sumber daya mineral, bertujuan untuk lebih mempererat tali silaturahmi antara pegawai, karyawan sektor ESDM sehingga akan bermanfaat dalam hubungan sehari-hari.

Acara juga diisi dengan mendengarkan ceramah yang disampaikan oleh Dr. KH. Anwar Sanusi. Dikatakan, ramadhan merupakan cara mensucikan diri secara seksama atau tazkiyah. Pertama, tazkiyah bernafas atau  membersihkan jiwa. Jika jiwa manusia baik, maka baiklah hidupnya. Sebaliknya jika jiwa manusianya rusak, maka rusaklah perbuatannya.

“Jujurlah dalam hidup ini, hidup jujur itu tidak punya beban sama sekali. Yang punya beban itu hidup tidak jujur, sebab dosa itu menggelisahkan hidup,” ujar Anwar.

Tazkiyah selanjutnya yaitu tazkiyatul maal atau pembersihan harta yang dimiliki dengan menyerahkannya sebagian kepada mustahid dan muzaki sesuai ketentuan yang berlaku.  "Supaya harta tidak "stroke",  Allah mengajarkan sedekah," ujar Anwar.

Sementara itu, Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik dalam sambutannya menekannya pentingnya kesederhanaan, kesabaran dan toleransi dalam kehidupan bersama. “Mari kerjakan kesederhanaan, mari kita praktekkan, hidup jangan mewah-mewah. Baru jadi dirjen tidak mau makan di warung, itu kesombongan sudah. Jadi sederhana dipraktekkan. Saya minta jajaran saya untuk mempraktekkan hidup sederhana di rumah, kantor dan dimanapun,” ujar Wacik..

Mengenai kesabaran, lanjut Wacik, merupakan perintah agama. Apabila pimpinan memiliki anak buah atau ajudan yang melakukan kesalahan, hendaknya ditegur secara baik dan terus dibimbing.  

Untuk praktek dalam bertoleransi, Wacik mencontohkan dengan dirinya yang beragama Hindu, namun jika ada acara keagamaan lain seperti acara umat Islam, selalu bersemangat untuk menghadirinya.  “Jadi kalau saudara ditempat kerja atau tempat tinggal ada saudara yang lain agamanya, sukunya berbeda, sakit atau meninggal, ya datanglah kesana dengan ikhlas, itu toleransi, jangan punya tetangga sakit berat meninggal yang berbeda agamanya tidak ditengok,” pungkas Wacik. (SF)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.