Bor 22 Sumur, Pertamina Asset 2 Tambah Produksi Migas 4.000 Barel


Hal ini mengemuka dalam kunjungan kerja Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo, Dirjen Migas Kementerian ESDM A. Edy Hermantoro dan Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Umi Asngadah di Kantor PT Pertamina EP Asset 2 di Prabumulih, Sumatera Selatan, Jumat (19/7) petang.

GM PT Pertamina EP Asset 2 Tubagus Nazarudin dalam paparannya menjelaskan, produksi migas Asset 2 berasal dari 4 lapangan yaitu Pendopo, Adera, Prambumulih dan Limau. Produksi migas dari empat lapangan ini sekitar 22.000-23.000 barel per hari.

Produksi minyak terutama berasal dari Lapangan Limau dan Prabumulih. Sedangkan gas berasal dari Lapangan Pendopo dan Adera. Shale gas juga ditemukan di wilayah kerja ini.

Dalam kesempatan itu, Tubagus juga melaporkan terjadinya gangguan keamanan yang dapat menganggu kegiatan operasi seperti pencurian minyak,  fasilitas produksi dan pencurian besi pipa.

"Berdasarkan prosentase, gangguan pencurian minyak mencapai 58%, pencurian besi pipa 28% dan pencurian fasilitas produksi mencapai 13%," jelasnya.

Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo dalam kesempatan itu meminta agar PT Pertamina EP Asset 2 untuk menambah fasilitas produksinya agar target peningkatan produksi dapat tercapai. Antara lain dengan membangun tangki, pipa dan pompa.

"Kemungkinan untuk ditingkatkan produksinya bisa. Ada sumur-sumur yang kandungan airnya sudah 90%. Kalau kita ingin meningkatkan produksi, otomatis juga harus membangun fasilitas untuk menghandle jumlah airnya," ujar Wamen.

Hal ini, lanjutnya, tentunya akan berdampak pada biaya produksi yang harus ditanggung. Namun ini merupakan hal yang wajar bagi lapangan-lapangan tua.

Untuk memperlancar peningkatan produksi Asset 2, akan dilakukan pembahasan lebih lanjut dengan instansi terkait. Termasuk juga dengan aparat kepolisian untuk mengatasi masalah gangguan keamanan. (TW)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.