Bonus Tanda Tangan KKS Masuk PNBP


Hal lain yang juga termasuk PNBP pada Ditjen Migas adalah jasa informasi potensi lelang wilayah kerja migas dan gas metana batubara (bid document) di mana tarif untuk tiap dokumen lelang sebesar US$ 5.000.

 

Selain itu, kewajiban finansial atas pengakhiran KKS (terminasi) yang belum memenuhi komitmen pasti eksplorasi. Besaran kewajiban finansial ini, ditetapkan berdasarkan jumlah komitmen pasti eksplorasi yang belum dilaksanakan pada saat kontrak kerja sama diakhiri.

 

Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan kontrak kerja sama adalah kontrak bagi hasil atau bentuk kontrak kerja sama lain dalam kegiatan eksplorasi yang lebih menguntungkan negara dan hasilnya dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

 

Penetapan PP ini dengan pertimbangan perlunya diatur kembali jenis dan tarif atas PNBP yang berlaku pada Kementerian ESDM karena adanya perubahan struktur organisasi pada Kementerian ESDM serta adanya jenis tarif atas jenis PNBP yang belum diatur  atau perlunya penyesuaian dalam PP No 45 Tahun 2003 tentang Tarif atas Jenis PNBP yang Berlaku pada Kementerian ESDM.

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.