BBM Bersubsidi Resmi Naik

Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro dalam jumpa pers di Departemen Keuangan bersama sejumlah menteri terkait lainnya mengemukakan, premium naik 33,3% menjadi Rp 6.000 per liter, minyak tanah dari Rp 2.000 menjadi Rp 2.500 per liter dan solar naik 27,9% menjadi Rp 5.500 per liter.

Dia mengatakan, kenaikan ini terpaksa dilakukan pemerintah untuk menekan membengkaknya subsidi akibat harga minyak yang terus meningkat.
 
Pada kesempatan tersebut, Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengemukakan, kenaikan harga BBM bersubsidi ini merupakan pilihan terakhir yang diambil pemerintah dalam rangka mengelola anggaran. Dengan kebijakan ini, pemerintah dapat memastikan program-program pengentasan kemiskinan dapat berjalan.

Selain itu, program-program pengamanan APBN-P 2008 juga dilanjutkan, seperti penghematan anggaran departemen dan lembaga serta mengefektifkan penerimaan negara melalui intensifikasi pajak sektor booming, pajak progresif dan bea cukai. 

Selain menetri ESDM dan Menkeu, para menteri yang turut hadir dalam jumpa pers ini, antara lain Meneg PPN/Kepala Bapenas Paskah Suzetta, Menkokesra Aburizal Bakrie, Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah, Menperin Fahmi Idris, Mendag Mari Elka Pangestu, Mendagri Mardiyanto dan Menkominfo Muhammad  Nuh. 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.