Antisipasi Lebaran, Pertamina Siapkan 35 Kantong BBM


Deputi Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya menyatakan hal itu disela-sela pemantauan stok BBM di ruang pengawasan Pertamina di Jakarta, kemarin. Pihaknya memperkirakan pada H-10 hingga H+15, kebutuhan BBM akan meningkat 10-12% dari kondisi normal.

 

“Apalagi di jalur Pantura, kenaikannya mencapai 200%. Jika biasanya di satu stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Pantura menjual 30 juta ton BBM, pada saat Lebaran bisa menjual sampai 60 juta ton. Inilah masalah mikro yang kita perhatikan,” ujar Hanung.

 

Meski ia memastikan stok BBM selama Lebaran aman, sebagai antisipasi pihaknya akan menyediakan 35 kantong BBM di jalur mudik Jawa dan Sumatera. Kantong BBM yang berupa tangki tambahan di lokasi SPBU itu akan dipergunakan jika stok di tangki pentimpanan BBM itu tidak mencukupi.

 

“Jadi kantong-kantong BBM ini akan kita tempatkan di lokasi-lokasi yang biasanya ramai pada waktu mudik Lebaran,” ujar Hanung.

 

Ke 35 kantong tersebut, ujar Hanung, sebanyak 33 di antaranya akan ditempatkan di sepanjang jalur mudik Jawa. Rinciannya, 16 akan ditempatkan di SPBU-SPBU yang berada di Jawa Tengah, 12 kantong di sekitar Jawa Barat dan 5 kantong di Jatim. Sedangkan satu kantong lainnya ditempatkan di Merak dan sisanya di Lampung.

 

Selain itu, Pertamina juga akan mengubah penggunaan dispenser di SPBU, yang biasanya untuk pemakaian solar dialihkan menjadi premium.

 

Di samping itu, sebagai persiapan macetnya jalur Pantura yang menyebabkan terhambatnya pengiriman pasokan BBM, Pertamina akan menyiapkan armada operasi di beberapa titik jalur mudik. (sumber: Media Indonesia)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.