Ahli Hukum Perminyakan Langka di Indonesia

Hal ini disampaikan oleh Deputi Evaluasi dan Pertimbangan Hukum Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPMIGAS) Lambok H. Hutauruk dalam acara penandatanganan nota kesepahaman untuk melakukan kerja sama bidang hukum dengan Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung, Rabu (25/1).

“Tenaga bidang law in petroleum sangat-sangat langka di Indonesia, sangat-sangat jarang, padahal sektor hulu minyak dan gas bumi sudah ada selama sekitar 40 sampai 50 tahun,” ujar Lambok sebagaimana ditulis situs BPMIGAS. Dia mengharapkan dunia perguruan tinggi dapat lebih berperan untuk menghasilkan tenaga hukum perminyakan tersebut.

BPMIGAS melalui nota kesepahaman dengan UNPAD mulai melibatkan perguruan tinggi dalam proses pertimbangan hukumnya. Melalui nota kesepahaman yang ditandatangani Lambok dan Dekan Fakultas Hukum UNPAD Ida Nurlinda, BPMIGAS akan bekerjasama dengan UNPAD untuk melakukan penelitian dan pengembangan hukum, penelaahan peraturan perundang-undangan, kontrak-kontrak komersial, penyediaan opini dan bantuan hukum lainnya untuk meningkatkan pemahaman, pentaatan dan kesadaran hukum.

Selain itu, untuk memberikan proses pembelajaran bagi mahasiswa senior Fakultas Hukum UNPAD, BPMIGAS membuka kesempatan bagi mereka untuk melakukan magang, terutama terkait dengan proses pembuatan skripsi atau makalah akademis lainnya, di BPMIGAS. Lambok mengatakan kesempatan magang tersebut merupakan salah satu cara untuk menjaring praktisi hukum handal di bidang hulu migas.

Dekan Fakultas Hukum UNPAD Ida Nurlinda menyambut baik Nota Kesepahaman kerja sama tersebut serta kesempatan yang diberikan oleh BPMIGAS. “Sektor MIGAS sangat sarat dengan aspek hukum, baik terkait litigasi, investasi, pajak, dan lain-lain. Jadi sangat banyak aspek-aspek hukum yang bisa sama-sama didiskusikan oleh BPMIGAS dan Fakultas Hukum,” ujar Ida.

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.