Agustus 2011, Produksi Migas Meningkat


“Pada bulan Juli-Agustus, sudah ada trend peningkatan produksi,” papar Ketua Tim Pengawasan Peningkatan Produksi Minyak dan Gas Bumi (TP3M) Denny Tampubolon kepada pers usai memberikan laporan kepada Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh di Kementerian ESDM, Rabu (24/8).

 

Denny menjelaskan, untuk mendorong peningkatan produksi, TP3M merekomendasikan agar diupatakan percepatan perijinan dan pembebasan lahan pemboran, pengadaan rig, peralatan dan fasilitas produksi, penyelesaian masalah transportasi minyak, pemboran upside potential serta percepatan implementasi rencana waterflood.

 

Sementara untuk Work Program & Budget (WP&B) 2011 untuk rencana pemboran 490 sumur pengembangan, hingga Juli 2011 di seluruh Indonesia dapat terlaksana. Walaupun demikian, pencapaian di setiap KKKS berbeda. Pemboran di beberapa KKKS yang memiliki potensi peningkatan produksi yang cukup besar, tidak memenuhi rencana.

 

Sedangkan realisasi pemboran sumur eksplorasi hingga Juli 2011, baik di wilayah kerja eksplorasi maupun wilayah kerja produksi, mencapai 58 sumur atau 33% dari rencana WP&B 2011.

 

”Menurut catatan TP3M, kendala yang dihadapi, antara lain masalah perijinan dan tumpang tindih lahan, teknis operasi dan ketersediaan data atau peralatan serta kemampuan manajemen KKKS,” tambahnya.

 

Khusus untuk sumur pengembangan, lanjutnya, terdapat kendala terbatasnya temuan lapangan baru sehingga pemboran sebagian besar dilaksanakan pada lapangan yang sudah mature dan memerlukan manajemen reservoir yang semakin kompleks.

 

Untuk meningkatkan pemboran sumur pengembangan dan eksplorasi, TP3M merekomendasikan untuk mempercepat proses perijinan, memperbaiki strategi pengadaan rig, meningkatkan kualitas pemahaman karakteristik dan kinerja reservoir, meningkatkan ketersediaan dan kualitas data subsurface dan meningkatkan pengawasan pelaksanaan komitmen eksplorasi dan pengembangan.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.