Lantik Kepala Susmar Baru, Plt Dirjen: Agar Bekerja Cepat, Cermat, dan Produktif

Jakarta, Plt. Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Djoko Siswanto melantik Pejabat Baru Kepala Staff Urusan Maritim (Susmar) di lingkungan Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Selasa (14/20). Kepala Susmar yang baru diharapkan dapat bekerja dalam pola cepat, cermat dan produktif guna kelancaran pengoperasian minyak dan gas bumi (migas) di lepas pantai.

Karakter industri migas dengan sifat pengoperasian yang padat modal, teknologi, dan resiko membuat kegiatan usaha ini penuh ketidakpastian. Oleh karena itu dalam pengoperasiannya dibutuhkan pengamanan dan pengawasan khususnya pada kegiatan eksplorasi dan eksploitasi migas di daerah lepas pantai.

“Guna melancarkan pengoperasian migas lepas pantai, maka staf khusus urusan maritim harus dikepalai oleh orang yang kompeten, bertanggung jawab dan penuh dedikasi,” ungkap Djoko Siswanto dalam sambutannya di dampingi para pejabat eselon 2 di lingkungan Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas).

Melalui Surat Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral nomor 1/73/MEM/2020 tanggal 2 Januari 2020 tentang Penggantian Kepala Staff Khusus Urusan Maritim (Kasusmar) di lingkungan Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, selanjutnya R. Kolonel Laut Erwin Christiyadi Gora resmi diangkat sebagai Kepala Susmar yang baru.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan serah terima jabatan kepada R. Kolonel Laut Erwin Christiyadi Gora oleh Kasusmar sebelumnya yakni Kolonel Laut (Purn) Ludin Sirait, SE, MM, yang sejak tanggal 1 Desember 2019 telah memasuki masa pensiun.

Dengan diangkatnya Kasusmar yang baru, Djoko Siswanto berharap agar Kasumar dapat mengemban amanah dengan penuh tanggung jawab, dedikasi serta dapat menjaga soliditas dengan instansi terkait dalam kegiatan migas di lepas pantai.

“Selain pengamanan dan pengawasan pelaksanaan kegiatan operasi migas lepas pantai, peran Susmar juga sangat penting dalam upaya menjaga objek vital nasional, serta membantu penyelesaian persoalan-persoalan pada kegiatan migas dari ancaman internal maupun eksternal,” imbuh Djoko.

Djoko juga mengingatkan agar R. Kolonel Laut Erwin Christiyadi Gora sebagai Kepala Susmar yang baru, dapat berkoordinasi dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Ditjen Migas, dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur Jenderal Migas.

Dalam kesempatan yang sama Djoko juga mengucapkan terima kasih kepada Kolonel Laut (Purn) Ludin Sirait, SE.

“Tidak lupa saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Sdr. Kolonel Laut (Purn) Ludin Sirait, SE, MM yang telah bersama-sama bekerja keras membantu menjamin keamanan dan kelancaran terhadap kegiatan-kegiatan pengelolaan migas di perairan Indonesia dari aspek kemaritiman.” pungkas Djoko. (RAW)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.