Terbentuk, Masyarakat Minyak dan Gas Bumi Indonesia (MMGI)

Organisasi yang difasilitasi Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi ini merupakan gabungan beberapa asosiasi yang berada di lingkup kegiatan industri migas di Indonesia . Seperti asosiasi yang bergerak di Usaha Hulu, Usaha Hilir, bidang jasa konstruksi, jasa konsultan, bidang profesi dan kontraktor kontrak kerjasama (KKS) serta perusahaan terkait. Antara lain BIMASENA, IATMI, Pertamina, Chevron,  Surveyor Indonesia dan Petro Energy.

Diharapkan, MMGI yang bersifat sebagai forum komunikasi, koordinasi dan konsultasi antar-pemangku kepentingan di sektor migas itu, dapat lebih berperan dalam menghimpun potensi dan pemikiran masyarakat dalam memberikan masukan strategis, konseptual dan obyektif kepada kebijakan pemerintah dan rencana peraturan yang akan dijalankan sehingga peraturan tersebut lebih mudah diterima dan dilaksanakan.

Tim Formatur MMGI terdiri dari Michael Sumarijanto (BIMASENA), Anton Wahjosoedibjo (Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia), Puguh Sugiharto (Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia), A.H. Batubara (Indonesian Petroleum Association), Suyitno P. (Indonesian Petroleum Association) dan Andang Bachtiar (Indonesian Association Geology Indonesia).

Dirjen Migas Luluk Sumiarso dalam sambutannya pada acara pembentukan MMGI tersebut, mengharapkan agar MMGI dapat menjadi mitra pemerintah, dalam hal ini Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, dalam menangani pengembangan industri migas nasional. MMGI juga diharapkan dapat memberi masukan terhadap Draft Buku Putih dan Draft Rencana Umum Perminyakan dan Pergasbumian Nasional (dapat diakses di website www.migas.esdm.go.id).

"Buku putih itu akan menjadi potret industri migas kita sekarang dan RUPPN akan menjadi semacam blueprint untuk menjawab berbagai permasalahan industri migas yang ada. Tema besar yang diangkat adalah “Sumber Daya Migas Untuk Kesejahteraan Rakyat"," kata Luluk.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.