Pemda Tarakan Dukung Pembangunan Jargas

“Kami mendukung rencana pemerintah membangun jaringan distribusi gas di Kota Tarakan. Jika ada hambatan atau kesulitan, mohon disampaikan agar dapat dibantu pelaksanaannya di lapangan,” kata Walikota Tarakan Udin Hianggio dalam pertemuannya dengan Dirjen Migas Departemen ESDM Evita H. Legowo, BPMIGAS dan Medco E&P Indonesia di Gedung Migas, Kamis (7/1).

 

Menurut rencana, untuk Kota Tarakan, pada tahun ini pemerintah akan membangun jaringan distribusi gas untuk rumah tangga di 2 kelurahan yaitu Karang Balik dan Sebengkok. Jumlah rumah tangga yang akan memperoleh sambungan jaringan distribusi gas sekitar 3.134. Pasokan untuk 2 kelurahan ini diperoleh dari PT Medco E&P Indonesia sebesar 0,7-1 MMSCFD.

 

“Pembangunan jaringan gas di 2 kelurahan di Tarakan merupakan langkah awal dalam pembentukan Kota Gas Tarakan. Selanjutnya, diharapkan pengembangan dapat dilakukan sendiri oleh Pemkot Tarakan,” ujar Evita.

 

Sebagai dukungan terhadap BUMD, Evita meminta agar Pemkot Tarakan dapat mempersiapkan badan usaha milik daerah agar dapat mengikuti lelang pengelolaan jaringan distribusi gas.

 

Mengenai kendala-kendala yang ditemui di lapangan, Sesditjen Migas Edi Purnomo mengemukakan, mengacu pada pengalaman di Palembang dan Surabaya, masalah utama adalah banyaknya warga yang tiba-tiba meminta dimasukkan ke  dalam daftar kepala keluarga yang mendapat sambungan jaringan distribusi gas.

 

“Padahal mereka tidak termasuk dalam daftar penerima sambungan. Ini mengganggu perencanaan yang telah dibuat. Selain itu, dana pemerintah juga terbatas,” kata Edi.

 

Menanggapi hal itu, Walikota Tarakan menjamin persoalan tersebut akan diselesaikan pihaknya.

 

“Biar kami yang menghadapi mereka,” tegas Udin.

 

Pembangunan jaringan distribusi gas untuk rumah tangga merupakan salah satu program prioritas sektor migas 2010. Untuk tahun ini, pemerintah telah menganggarkan dana sekitar Rp 180 miliar. Selain Tarakan, jaringan distribusi gas rencananya juga akan dibangun di Depok, Bekasi dan Sidoardjo.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.