Suyartono
menjelaskan, saat ini secara umum sebagian besar unit proses beroperasi secara
normal dan unit HCU B sedang disiapkan untuk beroperasi kembali. Stok BBM sampai
dengan akhir Januari aman.
Kebakaran
di salah satu unit di Kilang
Kasus
kebakaran tangki maupun kilang minyak kerap terjadi, baik di dalam maupun luar
negeri. Di dalam negeri, pada tahun 1964 terjadi tangki meledak yang
menyebabkan 7 orang meninggal dunia. Pada 6 Juni 1984, tangki 37 T 103 di
Kilang Cilacap terbakar saat overhaul dan
mengakibatkan 3 orang meninggal.
Pada
9 Maret 2008, Kilang Cilacap kembali
terbakar. Dari hasil investigasi disimpulkan bahwa kebakaran itu disebabkan
masih adanya sisa hidrokarbon dalam perpipaan 6 inci disalurkan outlet yang terbakar akibat dari gesekan
(percikan) dua logam pada saat pekerjaan flange
di bagian pipa outlet.