Menteri ESDM Pimpin Upacara HUT RI ke 66


Dalam sambutannya, Menteri ESDM mengajak seluruh jajaran ESDM baik di pusat maupun daerah untuk bersama-sama membangun bangsa dan negara melalui optimalisasi peran sektor ESDM guna mewujudkan ketahanan energi dan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia sehingga mampu berkontribusi pada makin kokohnya persatuan dan kesatuan NKRI.

 

Dikatakan Darwin, dalam mengelola dan mengembangkan sumber daya alam, ada tiga hal yang perlu diperhatikan yaitu ketersediaan, aksesibilitas dan daya beli. Dari sisi ketersediaan, Indonesia memiliki potensi pemasukan energi dengan keragaman yang berlimpah. Namun dari aspek aksesibilitas dan daya beli, kemampuan Indonesia masih belum optimal.

 

“Kita memiliki potensi energi yang beranekaragam, baik yang berasal dari energi fosil, maupun non fosil. Sumber energi fosil, antara lain minyak bumi, gas bumi, batu bara dan CBM serta shale gas yang sesuai nature-nya adalah sumber energi tidak terbarukan dan akan habis. Sedangkan sumber energi non fosil, saat ini pemanfaatannya masih relatif sedikit dibandingkan dengan potensi yang ada,” paparnya.

 

Oleh karena itu, lanjut Darwin, pengelolaan dan pengembangan sumber daya alam juga perlu memperhatikan aspek keberlanjutan sumber energi agar dapat memberikan manfaat yang besar bagi generasi yang akan datang dalam jangka panjang.

 

Pada kesempatan itu, Darwin juga mengajak digalakkannya kembali gerakan penghematan energi. Untuk mencapainya, berbagai upaya penghematan perlu dilaksanakan secara terencana dan sistematis melalui perangkar regulasi dan kebijakan yang dapat diimplementasikan dengan baik.

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.