Joint Workshop DEN-IEA

Tampil sebagai pembicara adalah wakil sejumlah anggota IEA seperti USA, Jepang, Inggris, Jerman, Belanda, Spanyol dan para expert Sekretariat IEA serta negara partner IEA yaitu Thailand, termasuk juga pembicara dari Ditjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, BPMIGAS, BPH Migas dan PT Pertamina (Persero).

Kegiatan workshop ini merupakan tindak lanjut dari Letter of Intend antara Kementerian ESDM dan IEA yang ditandatangai pada bulan Juni 2009 di Paris, dengan cakupan program kerja sama yang meliputi:

  1. Optimisation of energy mix, including a focus on renewable (optimisasi bauran energi, dengan prioritas energi terbarukan);
  2. Energy market, regulatory frameworks, and investment (pasar energi, kerangka regulasi dan investasi);
  3. Energy supply security, including oil and natural gas emergency preparedness (ketahanan pasokan Energi, termasuk tanggap darurat minyak bumi dan gas bumi);
  4. Energy conservasion and efficiency (konservasi dan efisiensi energi);
  5. Cleaner technology and technology development (teknologi bersih dan pengembangan teknologi);
  6. Facilitation of energy research and development (fasilitasi kegiatan penelitian dan pengembangan energi);
  7. Energy and environment, including climate change (energi dan lingkungan, termasuk masalah perubahan iklim);
  8. Energy information and statistic (pertukaran informasi dan statistik energi).

Kegiatan workshop tersebut termasuk dalam cakupan program butir 3 (tiga) yaitu energy supply security, including oil and natural gas emergency preparedness, yang merupakan isu aktual dalam pengelolaan minyak dan gas bumi di Indonesia serta terkait langsung dalam memfasilitasi pelaksanaan tugas Dewan Energi Nasional.

Kegiatan kerja sama akan berlanjut dengan partisipasi Kementerian ESDM dalam acara Emergency Response Exercise ke-5 (EXE5) pada tahun ini, kemudian mengkaji kebijakan penanggulangan krisis dan darurat energi yang disebut Emergency Response Review (ERR) serta menyiapkan Emergency Response Assessment (ERA) yang difokuskan untuk membangun mekanisme koordinasi penanggulangan krisis dan darurat bidang minyak dan gas bumi.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.