Data Berkualitas, Investor Akan Datang

“Dengan data yang bagus, bersainglah mereka yang punya uang. Tapi dengan data apa adanya, maka yang datang juga apa adanya,”  ujar Wakil Menteri ESDM Rudi Rubiandini usai membuka seminar mengenai kelengkapan data eksplorasi di Balai Kartini, kemarin.

Rudi melanjutkan, bukan hal yang mudah mencari data yang bagus karena diperlukan dana yang cukup besar dan waktu yang panjang. Ia mengibaratkan, mencari data seperti menanam pohon durian, dimana hasilnya baru dapat dinikmati puluhan tahun mendatang atau tabungan bagi anak cucu.

“Seperti halnya kita menikmati migas saat ini, akibat orangtua kita melakukan (mencari) data dengan baik sampai ketemu (migas) Lapangan Minas, Duri dan Cepu,” tambahnya.

Kepala Sub Bagian Pengembangan Wilayah Kerja Migas Konvensional Ditjen Migas, Mustafid Gunawan, menambahkan, dalam 5 tahun terakhir ini, Pemerintah dengan biaya APBN melakukan survei untuk mendorong ketersediaan data yang lebih lengkap. Survei terutama dilakukan di daerah-daerah remote yang kurang diminati investor.

Peningkatan data juga dilakukan dengan melalui survei dengan metoda yang lebih modern sehingga diharapkan dapat memberikan deskripsi yang lebih detil.

Upaya lainnya adalah mendorong penyerahan data hasil kegiatan eksplorasi dan eksploitasi KKKS kepada Pemerintah, meningkatkan kualitas data terbuka, manajemen data terintegrasi dan pemanfaatan data berbasis online.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.