Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Ditjen Migas

Acara rutin tahunan ini mengambil tema,  ”Ramadhan sebagai peningkatan kualitas ibadah dan sarana budaya hidup hemat”. Selain diisi dengan ceramah oleh Prof. Dr. Umay  D. Dja’far Shiddieq, acara juga diisi dengan pemberian santunan kepada 50 anak yatim-piatu yang merupakan putra-putri karyawan Ditjen Migas serta masyarakat sekitar.

Dalam kesempatan tersebut, Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo mengatakan, bulan suci ramadhan merupakan saatnya umat muslim berupaya meningkatkan ibadah. Demikian pula yang dilakukan di lingkungan Ditjen Migas. Di Masjid Al Ikhlas yang dimiliki oleh Ditjen Migas, setiap pagi diselenggarakan kegiatan belajar membaca Al Qur’an. Selain itu, pada siang hari, dilakukan sholat dzuhur dan ashar berjamaah serta ceramah agama.

Sementara Prof. Dr.Umay  D Dja’far Shiddieq dalam ceramahnya mengenai sinergi doa dan kerja, meminta agar umat muslim giat bekerja untuk memperoleh rejeki tanpa melupakan doa. Menurutnya, manusia yang hanya mencari kesenangan dunia, maka di akherat dirinya tidak akan mendapat apa-apa. Bekerja tanpa berdoa disebut sombong. Sebaliknya, berdoa tanpa bekerja disebut sombong.

”Karena itu, sebaiknya ada keseimbangan antara bekerja dan berdoa. Semua kegiatan yang dilakukan di dunia, semata-mata karena Allah,” katanya.

Dalam menjalani hidup, lanjutnya ada 3 tujuan harus dicapai yaitu bahagia dunia, bahagia akherat dan bebas api neraka.

Prof. Dr. Umay  D. Dja’far Shiddieq juga menekankan pentingnya hidup hemat. Menggunakan BBM secara hemat, juga merupakan ibadah kepada Allah SWT.

Usai buka puasa bersama, acara dilanjutkan dengan shalat magrib dan taraweh berjamaah.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.