The 6th IJEF: Indonesia dan Jepang Perkuat Komitmen Pengembangan Blok Masela

Bali, Pertemuan ke-6 Indonesia-Japan Energy Forum (The 6th Indonesia-Japan Energy Forum (IJEF)) digelar  di Bali, Kamis (10/10). Selaku tuan rumah pertemuan, Delegasi Indonesia dipimpin oleh Ego Syahrial, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM. Sementara Delegasi Jepang dipimpin Deputy Commissioner for International Affairs, Agency for Natural Resources and Energy METI, Tomohiro Kaneko.

Salah satu hasil penting dari pertemuan ini adalah komitmen Indonesia dan Jepang untuk memperkuat kerja sama pengembangan Blok Masela. INPEX menyampaikan komitmennya untuk melanjutkan Proyek Masela di Indonesia, sedangkan  Pemerintah Indonesia menyatakan akan terus mendukung berjalannya Proyek Masela.

Kedua negara juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama melalui penjajakan JAPEX untuk mengembangkan usahanya di sektor usaha hilir gas bumi di Indonesia. Menanggapi hal ini, Pemerintah Indonesia siap mendukung upaya-upaya kerja sama yang dilakukan oleh Jepang dengan badan usaha migas nasional dan turut membantu memproses perizinan yang dibutuhkan.

Turut menjadi bagian delegasi Indonesia adalah Direktur Pembinaan Program Migas Soerjaningsih, Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Alimuddin Baso, dan Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Adhi Wibowo. Perwakilan dari lingkungan Kementerian ESDM, Kemenko Maritim, Pertamina, PGN, PLN, Bukit Asam, dan APROBI juga turut hadir selaku delegasi Indonesia.

Delegasi Jepang diwakili oleh Ministry of Economy, Trade and Industry, Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, serta beberapa perusahaan Jepang yang bergerak di industri migas seperti INPEX dan JAPEX.

Sebelum sesi utama, pertemuan ini terlebih dahulu dimulai dengan acara penandatanganan Proyek Hidrogen antara PT PLN dan Toshiba serta Joint Feasibility Study on PLN’s Factory and Workshop Development among PT PLN (Persero), Mitsubishi Hitachi Power Systems, Ltd and Mitsubishi Corporation.

Pertemuan Indonesia-Japan Energy Forum ke-7 berikutnya disepakati akan diselenggarakan pada tahun 2020 di Jepang.

IJEF merupakan wadah pertemuan sektor energi dan sumber daya mineral antara Indonesia dengan Jepang sebagai hasil kesepakatan kedua negara untuk mendiskusikan potensi peningkatan kerja sama energi kedua dan sumber daya mineral yang melibatkan partisipasi dunia usaha. (MH/AS)