Pemerintah Segera Umumkan Lelang WK Migas Tahap III

Jakarta, Dukungan untuk meningkatkan pengembangan migas di Indonesia terus dilakukan. Dalam waktu dekat, Pemerintah akan segera mengumumkan lelang wilayah kerja (WK) migas tahap III tahun 2018.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto di Jakarta, Rabu (17/10), mengungkapkan, Pemerintah akan mengumumkan penawaran langsung atau joint study WK migas tahap III yang jumlahnya sekitar 8 hingga 10 WK.

"Saya sudah menandatangani SK, ada yang mau kita lelang lagi tahun ini, tahap 3 (jumlahnya) 8 sampai 10 blok," jelas Djoko.

Menurut dia, WK ini segera ditawarkan karena sudah siap atau memenuhi persyaratan untuk dilelangkan.

Berdasarkan pengalaman, lelang langsung lebih banyak diminati investor dibandingkan lelang reguler. Sebagai contoh, dalam lelang WK migas tahap I tahun 2018, dari 5 WK yang ditawarkan melalui penawaran langsung, 4 diantaranya sudah menandatangani kontrak kerja sama. Sedangkan WK migas yang ditawarkan melalui lelang reguler tidak ada pemenangnya.

Lelang langsung atau joint study lebih disukai investor karena dinilai memberikan kepastian data cadangan. Investor dengan izin Pemerintah, lebih dulu melakukan studi sebelum lelang. Sedangkan pada lelang reguler, data disiapkan Pemerintah.

Kelebihan lainnya, dengan joint study, investor juga dapat melakukan perhitungan teknik atau teknologi yang sesuai serta perhitungan besaran biayanya. (TW)

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.