Ditjen Migas Gelar Forum Komunikasi Keselamatan Migas 2022

Bandung, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi  menyelenggarakan Forum Komunikasi Keselamatan Minyak dan Gas Bumi (Forkom Migas) Tahun 2022 di Hotel Mason Pine, Bandung, Jawa Barat, Kamis hingga Jumat (3-4/11). Ajang bergengsi Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi ini mengusung tema “Peran Keselamatan Migas dalam Era Transisi Energi”.

Forkom Keselamatan Migas merupakan forum atau wadah diskusi, pertukaran  informasi, pengalaman dan teknologi serta penganugerahan penghargaan Keselamatan Migas. Forkom Keselamatan Migas telah dilaksanakan sejak tahun 2009 dan terakhir digelar tahun 2017  di Palembang.

“Alhamdulillah tahun ini kita kembali dapat menggelar Forum Komunikasi Keselamatan Migas setelah 4 tahun vakum. Forkom Migas mengusung tema “Peran Keselamatan Migas dalam Era Transisi Energi”. Rangkaian acara yang telah disiapkan, mulai dari diskusi, lomba hingga penganugerahan penghargaan,”  jelas Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Mirza Mahendra ketika membuka acara ini, Kamis (3/11).

Tujuan acara Forkom Keselamatan Migas  adalah meningkatkan pemahaman dan kerja sama  dengan Badan  Usaha (BU) atau Bentuk Usaha Tetap (BUT)  dan industri penunjang  di  kegiatan  usaha  migas  dan sinergi antarstakeholder subsektor  migas  dalam membudayakan keselamatan  migas di era transisi energi.

Selain itu, Forkom Keselamatan Migas merupakan wujud komitmen Kementerian  ESDM c.q. Ditjen Migas untuk menyampaikan laporan Keselamatan Migas sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 1973 tentang Pengaturan dan Pengawasan Keselamatan Kerja di Bidang Pertambangan.

Rangkaian acara Forkom Keselamatan Migas 2022, pada hari pertama tanggal 3 November 2022 diisi dengan Diskusi CCS-CCUS, Bedah Buku Atlas Keselamatan Migas Volume 4, serta pengumuman Lomba Desain Poster/Video Reels Keselamatan Migas.

Sedangkan pada hari kedua tanggal 4 November 2022, rangkaian acaranya adalah Diskusi Dekarbonisasi Migas, Diskusi Teknologi Pendukung Penurunan Rumah Kaca, Penghargaan Keselamatan Migas, Peluncuran Buku Atlas Keselamatan Migas Volume 4, Penandatanganan Komitmen Keselamatan Migas dan Peluncuran Logo Keselamatan Migas.

“Semoga diskusi dan dialog yang digelar pada acara ini dapat menumbuhkan, mengembangkan, serta meningkatkan harmonisasi dalam pelaksanaan tugas- tugas kita di tempat kerja dan mendukung operasi migas yang andal, aman dan akrab lingkungan, serta tetap berorientasi pada keselamatan migas,” harap Mirza.

Acara ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji, serta sekitar 250 peserta yang berasal dari instansi Pemerintah, Direksi BU/BUT, Kepala Teknik/Wakil Kepala Teknik pada kegiatan operasi hulu dan hilir migas, Usaha Penunjang Migas, Asosiasi, Akademisi dan Praktisi. (TW/KDB)

 

 

 

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.