Bisnis Hilir Migas Menggiurkan, Total E&P Indonesie Bangun SPBU

Menurut Corporate Communications Manager Total E&P Indonesie Ananda Idris, pembangunan 5 SPBU itu merupakan bagian dari uji coba perusahaannya untuk masuk ke usaha hilir migas di Indonesia. Jika berhasil, perusahaan tersebut akan membangun SPBU lainnya. Hingga 2008 mendatang, Total berencana membangun 200 SPBU.

Mengenai besar investasi yang disiapkan Total, Ananda menolak menyebutkan. Ia hanya menegaskan, dasar penentuan nilai investasi berbeda-beda antara perusahaan satu dengan lainnya.

Keseriusan Total untuk terjun di bisnis hilir migas ini juga ditegaskan oleh Direktur Pembinaan Usaha Hilir Ditjen Migas Departemen ESDM Erie Soedarmo. Saat ini, kata Erie, izin sementara niaga umum milik Total masih diproses di pihaknya.

Selain Total, Petronas dan Shell juga berencana membangun lebih dari 600 SPBU dalam lima tahun mendatang. Hingga Maret 2007, Petronas menargetkan pembangunan 22 SPBU di kawasan Jabodetabek. Sementara Shell, hingga saat ini telah membuka 8 SPBU dan masih akan terus mengembangkan pembangunan SPBU lainnya. (sumber: Media Indonesia/Investor Daily)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.