Musim Badai Atlantik Berpotensi Naikkan Harga Minyak Agustus

Terus meningkatnya impor minyak Cina sehubungan dengan beroperasinya sejumlah kilang minyak baru dan dilakukannya build-up stok minyak mentah dan produk minyak oleh sejumlah perusahaan minyak Cina yang memanfaatkan relatif rendahnya harga minyak saat ini dan cenderung meningkatnya indeks harga di bursa saham dunia yang mengindikasikan perbaikan perekonomian, juga menjadi faktor yang dapat meningkatkan harga minyak.

Sementara itu, hal-hal yang diperkirakan dapat memperlemah harga minyak mentah selama Agustus adalah masih lesunya tingkat pertumbuhan perekonomian dunia yang berdampak terhadap menurunnya permintaan energi termasuk minyak dan cenderung meningkatnya stok mingguan gasoline Amerika Serikat dalam musim panas (driving season).

Selain itu, menurunnya tingkat pengolahan minyak global untuk kuartal III tahun 2009 sebesar 0,5 juta barel per hari menjadi 72,3 barel per hari sebagai akibat semakin rendahnya marjin kilang, terutama di Amerika Serikat, Eropa dan Asia.

Disepakatinya gencatan senjata selama 60 hari yang berlaku efektif sejak 15 Juli 2009, menyusul dibebaskannya pemimpin Movement for the Emancipating of the Niger Delta (MEND) oleh pemerintah Nigeria.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.