Kepatuhan Negara OPEC Pengaruhi Harga Minyak Mei

Faktor lain yang juga memperkuat harga minyak adalah pemotongan alokasi ekspor minyak mentah Saudi Arabia yang lebih rendah dari volume kontrak ke AS, Eropa dan Asia dan meningkatnya permintaan gasoline terutama di AS, sehubungan mulai datangnya musim panas atau driving season.

Sementara faktor-faktor yang diperkirakan dapat memperlemah harga minyak, antara lain revisi perkiraan pertumbuhan ekonomi dunia dalam tahun 2009 oleh OPEC, menurun 0,6% menjadi -0,8% dibandingkan perkiraan bulan sebelumnya dan revisi permintaan minyak mentah dunia dalam kuartal II tahun 2009 oleh International Energy Agency (IEA), turun 0,9 barel per hari dibandingkan perkiraan bulan sebelumnya.

Selain itu, terus meningkatnya stok minyak mentah komersial AS, rendahnya pengoperasian kilang-kilang minyak dunia terutama negara-negara OECD akibat rendahnya tingkat margin kilang, tingginya biaya perawatan serta rendahnya permintaan akan produk minyak.

Travel warning dari beberapa Negara berkaitan dengan merebaknya Swine Flu  yang berdampak pada penurunan permintaan akan bahan bakar untuk transportasi, juga diperkirakan dapat memperlemah harga minyak bulan Mei.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.