Pembagian Konkit Nelayan Tahun 2017 Masuk Tahap Verifikasi

Jakarta, Sebagai wujud upaya Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan kecil serta diversifikasi BBM, sejak tahun 2016 telah dibagikan paket konverter kit dan LPG tabung 3 kg untuk nelayan yang memiliki mesin di bawah 5 Gross Tonnage (GT). Untuk tahun 2017, proses pembagian konverter kit telah memasuki tahap verifikasi calon penerima.

Saat berbicara pada acara 11th Natural Gas Vehicles & Infrastructure Indonesia Forum and Exhibition di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Selasa (14/3), Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Minyak dan Gas Bumi (Migas) Alimuddin Baso mengatakan, pada tahun 2017 ini Pemerintah akan membagikan 24.000 konverter kit untuk nelayan yang tersebar di 17 kabupaten/kota. Saat ini, prosesnya telah memasuki tahap verifikasi calon penerima. Diharapkan dalam waktu dekat, konverter kit dapat mulai dibagikan kepada nelayan yang berhak.

Pembagian konverter kit terutama dilakukan di daerah pesisir Jawa, Kalimantan dan Sumatera dan Sulawesi. Sementara untuk daerah Maluku dan Papua, belum dapat dilakukan karena infrastruktur LPG yang masih terbatas.

Pada tahun 2016, Pemerintah telah membagikan 5.400 paket konverter kit untuk nelayan di konverter kit di beberapa kabupaten kota di Indonesia, antara lain Cirebon, Cilacap, Tuban dan Karang Asem Bali.

Lebih lanjut Alimuddin mengatakan, program diversifikasi bahan bakar gas untuk nelayan ini mampu membangun kelompok-kelompok masyarakat yang dari sisi ekonomi kurang mampu, namun memiliki daya juang untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

Nelayan yang dapat menerima paket konverter kit adalah nelayan yang memiliki kapal ukuran di bawah 5 GT yang berbahan bakar bensin atau solar dan kapal yang digunakan memiliki daya mesin di bawah 13 Horse Power (HP). Sedangkan jenis alat tangkap yang digunakan adalah alat tangkap yang ramah lingkungan serta belum pernah menerima bantuan sejenis dari Pemerintah Pusat, Pemda atau badan usaha. (DK)