Lelang Migas WK Konvensional dan Non Konvensional Putaran I, Pemerintah Akan Tawarkan 14 WK

Jakarta,  Untuk meningkatkan cadangan  dan produksi migas nasional, Pemerintah akan menawarkan 14 wilayah kerja (WK) migas yang terdiri dari 11 WK migas konvensional dan 3 WK migas non konvensional.  Penawaran WK migas putaran I ini, rencananya akan diumumkan pada acara IPA 2016 yang diselenggarakan Mei mendatang.

Sebelas WK migas konvensional yang akan ditawarkan tersebut, terdiri dari 4 WK yang ditawarkan melalui lelang reguler dan 7 WK yang ditawarkan melalui penawaran langsung (direct proposal).  WK migas yang ditawarkan melalui lelang reguler adalah South CPP, Suramana I, South East Mandar dan North Arguni. Sedangkan  WK migas yang ditawarkan melalui direct proposal adalah Bukit Barat, Bukit Gajah Dua, Kasongan, Ampuh, Ebuny, Onin dan West Kaimana.

Untuk jadwal penawaran langsung, jelas Dirjen Migas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja dalam pertemuan dengan wartawan, Jumat (8/4), akses dokumen dilakukan 1 Juni-22 Juli 2016 dan batas akhir penyampaian dokumen adalah 25 juli 2016. Sedangkan untuk lelang reguler, akses dokumen dilakukan 1 Juni-5 Oktober 2016 dan batas akhir penyampaian dokumen partisipasi 7 Oktober 2016.

Sementara untuk WK non konvensional yang akan ditawarkan adalah MNK (Migas Non Konvensional) Batu Ampar, GMB (Gas Metana Batubara) Bungamas dan GMB Raja. Selain itu direncanakan dilakukan penandatanganan kontrak kerja sama MNK Central  Bangkanai.

Dalam menyiapkan WK migas konvensional maupun non konvensional, papar Wiratmaja, pemerintah membentuk gugus tugas trilateral yang terdiri dari Ditjen Migas, Badan Geologi serta Balitbang dan  Pusdatin ESDM.  “Gugus tugas trilateral  ini melakukan penelitian, penyelidikan, pengembangan, pengkajian dan survei di bidang migas untuk menunjang penyiapan dan penawaran wilayah kerja,” ujar Wiratmaja.

Terkait WK migas, Pemerintah juga  telah menyusun roadmap penyiapan WK migas untuk percepatan temuan cadangan tahun 2015-2019. Roadmap bersifat dinamis dan apabila ditemukan data baru, dapat dilakukan perubahan. (TW)

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.