Nelayan Pati Kebagian 345 Paket Konkit Gratis

Pati, Sebanyak 345 nelayan kecil di Kabupaten Pati memperoleh paket konverter kit (konkit) untuk kapal perikanan bagi nelayan kecil yang dibagikan Pemerintah secara gratis. Pembagian konkit secara simbolis dilakukan oleh Wakil Bupati Pati Syaiful Arifin di Auditorium Kantor Bupati Pati, Kamis (16/11).

Untuk Kabupaten Pati, paket konkit dibagikan di tiga titik yakni Kecamatan Sambiroto Payu sebanyak 204 unit, Juwana sebanyak 63 unit dan Pati Kota 76 unit.

Dalam sambutannya pada acara tersebut, Wakil Bupati Pati Syaiful Arifin, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian ESDM yang telah melibatkan nelayan kecil di Kabupaten Pati untuk turut serta dalam program konversi BBM ke BBG yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Syaiful juga meminta agar para nelayan untuk menggunakan paket yang diterima dengan baik, serta tidak memindahtangankan ke pihak lain.

Mewakili para nelayan, Warsani menyambut gembira pembagian konkit ini dan sudah tidak sabar lagi untuk menggunakannya melaut. "Semoga penghematan yang diperoleh dengan menggunakan LPG dapat bermanfaat bagi ekonomi keluarga," tambahnya.

Paket perdana konverter kit yang dibagikan terdiri dari mesin penggerak berbahan bakar bensin, tabung LPG 2 unit beserta isinya, konverter kit berikut aksesorisnya (reducer, regulator, mixer, dll) serta as panjang dan baling-baling.

Kriteria penerima adalah nelayan pemilik kapal dengan berat di bawah 5 GT, kapal berbahan bakar bensin, daya mesin kurang dari 13 HP, jenis alat tangkap yang ramah lingkungan serta belum pernah menerima bantuan sejenis.

Konversi BBM ke LPG bertujuan sebagai solusi penyediaan energi alternatif ramah lingkungan, mengurangi emisi gas karbon monoksida/gas buang, mengurangi kerusakan terumbu karang.

Selain itu, membantu mengelola ekonomi masyarakat nelayan menjadi lebih sejahtera. Penghematan yang diperoleh dengan menggunakan LPG dibanding BBM sekitar 50%.

Pembagian konkit untuk nelayan telah dilakukan sejak tahun 2016 sebanyak 5.473 paket yang tersebar di 10 kabupaten/kota. Sedangkan untuk tahun 2017, 17.081 paket yang dibagikan untuk 28 kabupaten /kota. (NM)