Indonesia Tidak Kaya Minyak

Jambi,

Masyarakat perlu mengubah cara pandangnya dari Indonesia negara kaya minyak menjadi sebaliknya. Indonesia memang pernah menjadi negara kaya minyak, namun itu 20 tahun silam. Saat ini, Indonesia bahkan harus mengimpor 50% pasokan BBM untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

“Kalau sebagian orang bilang kita negara kaya minyak, itu dulu, 20 tahun lalu. Sekarang kita impor. Separuh BBM kita impor. Bahkan tahun depan, gas kita juga akan mulai impor kalau kita tidak ngebut membangun sarana dan prasana produksi gas,” kata Menteri ESDM Sudirman Said dalam acara Peresmian Pengoperasian Jargas Untuk Rumah Tangga di Jambi, Sabtu (25/4).

Sudirman mengatakan lebih lanjut, cadangan minyak Indonesia hanya 0,2% dari total cadangan dunia. Sementara cadangan gas bumi hanya 1,2% dari total cadangan dunia. Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 3,5% dari total penduduk dunia, maka harus dilakukan kerja keras untuk membangun sektor energi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan ketahanan energi, selain mencari sumber-sumber migas baru, juga mengembangkan energi baru terbarukan seperti geothermal dan energi surya. (TW)