Blueprint Program Pengalihan Mitan Disempurnakan

Rapat koordinasi penyempurnakan blueprint dilaksanakan di Gedung Migas, Jakarta, Selasa (2/10). Hadir dalam pertemuan tersebut, Dirjen Migas Departemen ESDM Luluk Sumiarso, Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Saryono Hadiwidjoyo, Direktur Pembinaan Program Migas Heri Poernomo, Direktur Teknik Migas Suyartono dan stakeholder seperti Depkeu, Depperin, Hiswana Migas dan Kementerian UKM serta Kementerian Pemberdayaan Perempuan.

Blueprint
ini merupakan dokumen yang komprehensif sebagai pedoman pelaksanaan program pengalihan minyak tanah ke elpiji. Pelaksanaan kegiatan disesuaikan dengan tugas dan fungsi instansi terkait.

"Jadi nantinya akan jelas, siapa dan melakukan apa," kata Luluk Sumiarso.

Blueprint
program pengalihan minyak tanah ke elpiji, antara lain berisi kondisi penyediaan bahan bakar saat ini, sasaran, kebijakan dan strategi, instrumen kebijakan serta rencana aksi.

Rencana aksi yang akan dilakukan, antara lain penyusunan neraca elpiji, peningkatan pasokan elpiji, pengembangan infrastruktur, tata niaga elpiji, penyediaan kompor dan tabung gas 3 kg, pengawasan mitan dan elpiji bersubsidi.

Selain itu, penanganan masalah sosial, penanganan masalah pendanaan, penanganan masalah teknis dan keselamatan elpiji, harga jual eceran dan harga patokan elpiji, sosialisasi dan penyempurnaan peraturan dan perundang-undangan. (Copyright by Ditjen Migas).

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.